Bahasa yang Hilang Oleh Waktu, Waduh!

Ini lho bahasa yang hilang oleh waktu, ada sekitar 5 bahasa yang nyatanya emang hilang dan punah~

Bahasa merupakan alat komunikasi antara satu individu ke indiviidu lainya. Tanpa ada bahasa maka tak akan ada interaksi dan pastinya banyak miss pemahaman.

Ngomong-omong solah masalah bahasa, Meskipun berjumlah banyak, tapi ada juga lho, beberapa bahasa yang saat ini sudah punah. Kira-kira apa aja ya, coba kita simak ulasanya.

Bahasa Meroitic

Bahasa yang punya nama lain yaitu 'Bahasa Kushitic' ini adalah bahasa yang digunakan oleh orang-orang Nubian kuno. Saat ini lebih dikenal dengan Sudan. 

Walau pada tahun 1911 dikatakan bahasa ini sudah berhasil ditelusuri jejaknya, tapi para ahli masih mengalami kesulitan untuk menerjemahkanya. Banyak usaha yang telah dilakukan untuk menerjemahkan bahasa kuno ini namun tak ada hasilnya.

Bahasa Meroitic (bafsudralam.blogspot.com)

Bahasa Harappan

Harapan itu emang selalu indah, tapi btw ini bukan masalah itu ya, ini nama dari sebuah bahasa yang di klaim telah hilang, yaitu 'Bahasa Harrapan'.

Bahasa ini diperkirakan digunakan orang-orang di lembah Indus pada era modern di Timur Tengah. Diperkirakan bahasa ini digunakan oleh lebih dari 5 juta orang, yang berarti ini adalah bahasa kuno yang telah hilang. Diperkirakan bahasa ini bertahan sejak 3300 SM sampai 1300 SM (Sebelum Masehi).

Bahasa Harappan (Pinterest.com)

Bahasa Eteocretan

Bahasa Eteocretan dianggap adalah sebagian bahasa Linear A yang dikembangkan di Minions of Crete, sebuah pulau yang dikenal saat ini bernama Yunani.

Diketahui ternyata bahasa Eteocretan dibuat oleh seorang yang menulis bahasa Linear A dan Cretan. Karena hanya ada sedikit petunjuk para penerjemah akhirnya menemui jalan buntu untuk menerjemahkanya.

Bahasa Eteocretan (wikipedia.com)

Bahasa Dacian

Bahasa Dacian diperkirakan oleh para ilmuan telah hilang sejak abad ke-6 atau ke-7. Pada masanya bahasa ini digunakan oleh orang Dacia (Romania) untuk berkomunikasi pada zaman itu.

Sebenarnya bahasa Dacian sendiri belum bisa dikatakan sepenuhnya hilang dari sejaarah manusia, karena ada sebuah prasasti yang menuliskan tentang bahasa kuno ini. Diperkirakan bahasa Dacian adalah cabang dari bahasa Proto-Indo Europen yang sudah hilang sejak dahulu kala.

Bahasa Dacian (moddb.com)

Bahasa Hunnic

Orang-orang Hun sepertinya sama sekali ggak memiliki upaya untuk melestarikan bahasa yang mereka gunakan.

Tak ada bukti nyata akan keberadaan bahasa mereka yang asli dari suku mereka sendiri, malah keberadaan bahasa mereka lebih banyak karena dikumpulkan oleh para sarjana Romawi. Karena sedikit prasasti maka para ilmuan sangat kebingungan dengan bahasa ini.

Wah emang luarbiasa banget ya ternyata kebudayaan manusia di muka Bumi ini. Banyak misteri yang sampai saat ini masih belum bisa dipecahkan.

Bahasa Hunnic (steamcommunity.com)