Mengenal Apa Itu Self Love dan Mengapa Itu Begitu Penting?

Mengenal Apa Itu Self Love dan Mengapa Itu Begitu Penting?

Self love atau mencintai diri sendiri memiliki arti menerima diri sepenuhnya, memperlakukan diri kita dengan kebaikan dan rasa hormat, serta memupuk pertumbuhan dan kesejahteraan untuk diri kita sendiri.

Self love tidak hanya mencakup caramu memperlakukan diri sendiri tetapi juga pikiran dan perasaanmu tentang diri sendiri. Jadi, ketika kamu memikirkan konsep self love, kamu bisa mencoba membayangkan apa yang akan kamu lakukan untuk diri sendiri, bagaimana kamu akan berbicara kepada diri sendiri, dan bagaimana perasaanmu terhadap diri sendiri yang mencerminkan cinta dan perhatian.

Ketika kamu mencintai diri sendiri, kamu memiliki pandangan positif secara keseluruhan tentang dirimu. Tentu saja ini tidak berarti kamu selalu merasa positif terhadap diri sendiri. Karena perasaan kesal, marah, atau kecewa pada diri sendiri adalah hal yang sangat manusiawi.

Apa Saja Bentuk Self Love?

Berikut adalah contoh tindakan mencintai diri sendiri:

1. Mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri

2. Memaafkan diri sendiri ketika kamu melakukan kesalahan.

3. Memenuhi kebutuhan diri sendiri

4. Bersikap tegas

5. Tidak membiarkan orang lain memanfaatkan atau melecehkan diri kita

6. Memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan

7. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mendukung dan membangun (dan menghindari orang-orang yang tidak mendukung)

8. Meminta bantuan

9. Melepaskan dendam atau kemarahan yang menghambat

10. Mengenali kekuatan

11. Menghargai perasaan kita sendiri

12. Membuat pilihan yang sehat sepanjang waktu

13. Hidup sesuai dengan nilai-nilai

14. Mengejar minat dan tujuan

15. Menantang diri sendiri

16. Meminta pertanggungjawaban diri sendiri

17. Memberi diri camilan sehat

18. Menerima ketidaksempurnaan diri

29. Menetapkan harapan yang realistis

30. Memperhatikan kemajuan dan usaha diri sendiri

Mengapa Self Love Begitu Penting untuk Kita?

Apa itu self love (littlesizzle.com)

Tanpa self love, kita cenderung menjadi sangat kritis terhadap diri sendiri dan jatuh ke dalam sikap menyenangkan orang lain dan perfeksionisme. 

Kita lebih cenderung menoleransi pelecehan atau perlakuan buruk dari orang lain. Kamu mungkin mengabaikan kebutuhan dan perasaanmu sendiri karena kamu tidak menghargai diri sendiri. Dan kita akan menyabotase diri sendiri atau membuat keputusan yang tidak sesuai dengan kepentingan terbaikmu.

Mencintai diri sendiri adalah landasan yang memungkinkan kita bersikap tegas, menetapkan batasan dan menciptakan hubungan yang sehat dengan orang lain, mempraktikkan perawatan diri, mengejar minat dan tujuan, serta merasa bangga dengan diri kita sendiri. Jadi, apakah kamu sudah cinta dirimu sendiri?

Tips memulai self love (canva.com)