Timnas U-23 Kalahkan Korea, Shin Tae-yong Ungkap Strategi Jitunya

Pelatih timnas U-23 Shin Tae-yong mengungkap rahasia kemenangan Indonesia lawan Korea Selatan di Piala Asia U-23.

Setelah pertandingan Timnas U-23 Indonesia lawan Korea Selatan di Piala Asia, Shin Tae-yong  (STY) memberikan keterangan dalam jumpa pers. STY membocorkan beberapa strategi yang ia lakukan agar timnas Indonesia bisa menang lawan Korea. 

STY mengaku ia menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk menguatkan mental, karakter, fisik, dan skema yang jelas serta terukur. Sebagai pelatih STY sangat bangga karena para pemain mengikuti apa yang diinginkannya. 

“Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat menyedihkan dan sulit. Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia,” kata STY yang harus mengalahkan tim dari negaranya sendiri di babak perempat final Piala Asia U-23.

Kemenangan yang didapatkan atas Korea memberikan nilai kepercayaan diri yang lebih untuk timnas Indonesia. Apalagi mereka akan bertanding di babak semifinal melawan pemenang Uzbekistan vs Arab Saudi. STY tak mau banyak bicara soal pertandingan semifinal nanti.

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar,” tambahnya dilansir dari situr resmi pssi.org.

Dengan lolos ke babak semifinal berarti kemungkinan Indonesia tampil di Olimpiade Paris 2024 terbuka lebar. Selama Indonesia minimal bisa menjadi peringkat ketiga dalam Piala Asia U-23. Tentu para pemain timnas berharap Indonesia bisa melaju ke babak final dan menjadi juara Piala Asia.

Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia (Bola Kompas)

Mungkin rasa semangat STY sebagai pelatih timnas ada kaitannya setelah kontraknya diperpanjang oleh PSSI selama tiga tahun ke depan. Adalah Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang mengumumkan soal perpanjangan kontrak STY hingga tahun 2027 mendatang.

“Setelah menikmati makanan khas Korea dan diskusi tentang program Timnas Indonesia hingga 2027, saya dan coach Shin Tae-yong sepakat untuk melanjutkan kerja sama,” tulis Erick yang disambut sukacita para penggemar timnas Indonesia yang memang meminta agar kontrak STY diperpanjang.

Pemain Timnas U-23 vs Korea Selatan (TEMPO.co)