5 Ide Masakan Harian Tanpa Digoreng untuk Hidup yang Lebih Sehat

Mulai mengonsumsi masakan tanpa digoreng merupakan pilihan yang cerdas untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Mulai mengonsumsi masakan tanpa digoreng  merupakan pilihan yang cerdas untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Ada beragam alternatif cara memasak tanpa digoreng, di antaranya dengan dikukus, dipanggang dan direbus.

Memasak menggunakan beragam cara tersebut juga dapat menghasilkan hidangan yang tak kalah lezat. Nah, disini akan dibagikan ide masakan harian yang bisa dilakukan tanpa perlu digoreng. Selain nikmat, juga pasti sehat!

1. Panggang Salmon Bumbu Rempah

Salmon bisa diolah dalam berbagai cara, salah satunya adalah dengan cara dipanggang. Panggang filet salmon di atas penggorengan anti l-engket dengan campuran rempah seperti paprika, lada hitam, dan rosemary.

Tambahkan tomat dan kentang yang ikut dipanggang bersama dengan salmon. Kamu akan mendapatkan hidangan yang kaya protein, omega-3, dan rendah lemak jenuh. 

2. Tumis Sayuran

Masakan Tanpa Digoreng (via IDN Times)

Tumisan adalah salah satu ide masakan tanpa digoreng yang paling sederhana dan mudah dibuat. Meski mudah dibuat, dengan beragam jenis bahan isian, kamu dapat membuat hidangan yang memanjakan lidah.

Mulai dengan menumis bawang putih lalu masukkan beragam sayuran seperti paprika, brokoli, wortel, dan jamur dengan sedikit minyak zaitun. Beri tambahan sedikit kecap asin dan saus tiram untuk rasa yang lebih lezat. Kamu juga bisa melengkapi tumisan dengan tambahan udang, ayam sampai beragam jenis bakso.

3. Pepes Ikan Tenggiri

Masakan Tanpa Digoreng (via Dapur KOBE)

Selain memanggang dan menumis, mengukus juga termasuk dalam salah satu metode memasak yang bisa dilakukan. Salah satu makanan kukusan yang nikmat untuk dicoba adalah pepes ikan tenggiri. Bumbui ikan tenggiri dengan bumbu rempah lalu bungkus potongan ikan dengan daun pisang. Kukus hingga matang dan nikmati dengan nasi hangat. Super yummy!

4. Sup Ayam Sayuran

Masakan Tanpa Digoreng (via Sajian Sedap)

Jika biasanya ayam selalu diolah dengan cara digoreng, kali ini lakukan cara memasak yang berbeda. Rebus potongan ayam bersama wortel, kentang, bawang bombay, dan seledri. Tambahkan sedikit rempah seperti merica dan thyme untuk rasa yang hangat dan menggugah selera. Sup ayam yang nikmat untuk menghangkatkan tubuh bisa kamu nikmati kapan saja.

5. Sushi Rolls Homemade

Masakan Tanpa Digoreng (via Merdeka.com)

Kamu juga bisa membuat menu masakan tanpa digoreng yang lebih sederhana seperti sushi roll. Siapkan nori, nasi, telur rebus dan beragam sayuran seperti mentimun, wortel, dan alpukat yang sudah dipotong-potong. Tata dan ratakan nasi di atas nori kemudian isi dengan berbagai sayuran dan pelengkap yang sudah disiapkan. Sajikan dengan saus, wasabi, dan kecap asin untuk melengkapi rasa.

Dengan memasukkan beragam menu masakan tanpa digoreng  ke dalam pola makan harianmu, kamu dapat menjaga kesehatan tubuhmu dengan tetap mengonsumsi makanan yang lezat. Cobalah berkreasi dengan variasi menu ini untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam pola makan sehari-harimu.

Masakan Tanpa Digoreng (via Allrecipes)