Untuk Hidup yang Lebih Sehat, Inilah 7 Jenis Diet Vegetarian dan Aturan Dietnya

Ternyata ada banyak jenis diet vegetarian dengan berbagai aturan konsumsi yang berbeda. Simak penjelasannya!

Diet vegetarian telah menjadi pilihan gaya hidup sehat yang populer bagi banyak orang. Mereka yang menjalani pola hidup ini percaya jika mengonsumsi makanan yang alami dari alam tanpa akan membuat tubuh lebih sehat.

Ternyata, ada banyak jenis diet vegetarian dengan berbagai aturan konsumsi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa macam diet vegetarian yang bisa menjadi panduan bagi kamu yang ingin mencobanya:

1. Vegan

Diet vegan dianggap sebagai salah satu varian paling ketat dari diet vegetarian dan yang paling sulit dilakukan pemula. Vegan sepenuhnya menghindari semua produk hewani, termasuk daging, susu, telur, dan bahkan madu. Sebagai pengganti, vegan mengonsumsi berbagai sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe, dan sayuran hijau.

2. Lacto-Vegetarian

Jenis Diet Vegetarian (via Alodokter)

Diet ini masih memperbolehkan konsumsi produk susu seperti susu, keju, yogurt, dan mentega, tetapi tidak termasuk daging atau produk hewani lainnya. Bagi kamu yang ingin mempertahankan asupan kalsium dan protein dari produk susu, lacto-vegetarianisme bisa menjadi pilihan yang layak dicoba.

3. Ovo-Vegetarian

Jenis Diet Vegetarian (via The Spruce Eats)

Berbeda dari jenis diet lacto, Ovo-vegetarian memperbolehkan konsumsi telur, tetapi menghindari produk susu dan daging. Telur menjadi sumber protein utama dalam diet ini selain tahu, tempe dan kacang sehingga memberikan variasi dalam resep dan asupan nutrisi.

4. Lacto-Ovo-Vegetarian

Jenis Diet Vegetarian (via Healthline)

Kombinasi dari lacto-vegetarian dan ovo-vegetarian, diet ini memperbolehkan konsumsi baik produk susu maupun telur tetapi tetap menghindari konsumsi daging atau ikan. Lacto-ovo-vegetarian sering dianggap sebagai pilihan paling fleksibel karena menyediakan lebih banyak opsi makanan yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

5. Pescetarian

Jenis Diet Vegetarian (via SFIDN)

Meskipun bukan diet vegetarian dalam arti yang sebenarnya, pescetarianisme adalah pola makan yang memperbolehkan konsumsi ikan dan seafood, tetapi tidak daging lainnya. Sehingga, bagi kamu yang ingin memperoleh asam lemak omega-3 dari sumber hewani, pescetarianisme bisa menjadi solusi yang tepat.

6. Flexitarian

Jenis Diet Vegetarian (via Krusta Group)

Jenis diet yang satu ini mengusung prinsip fleksibilitas, di mana seseorang dapat mengurangi konsumsi daging tanpa harus sepenuhnya menghilangkannya dari pola makan sehari-hari. Fleksitarian memperbanyak konsumsi makanan nabati sambil sesekali mengonsumsi daging atau produk hewani. Pola ini cocok untuk kamu yang baru mulai mengenal diet vegetarian.

7. Raw Food Vegan

Jenis Diet Vegetarian (via Food Navigator)

Raw food adalah diet yang hanya memungkinkanmu mengonsumsi makanan yang tidak dimasak atau diproses. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan sebanyak mungkin nutrisi dalam makanan dan diyakini oleh beberapa orang sebagai cara terbaik untuk memperoleh kesehatan optimal.

Dalam memilih jenis diet  vegetarian yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan kebutuhan nutrisi pribadi, preferensi makanan, dan keseimbangan dalam asupan nutrisi. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter jika kamu merasa perlu untuk mendapatkan panduan yang lebih spesifik dan tepat sesuai dengan keadaanmu sehingga diet yang kamu lakukan bisa memberi manfaat maksimal bagi tubuh.

Jenis Diet Vegetarian (via Everyday Health)