Waspada Sejak Dini, Ini Ciri-Ciri Calon Pasangan Toksik yang Perlu Diwaspadai

Sebelum jatuh terlalu dalam sebaiknya kenali sejak dini ciri-ciri calon pasangan toksik agar tidak menyesal kemudian. Apa saja?

Memasuki hubungan baru seringkali memberikan perasaan euforia dan kegembiraan. Bagi sebagian orang, indahnya jatuh cinta dan perasaan kasmaran seringkali tak bisa digambarkan dengan kata-kata. 

Namun jangan buru-buru terbuai dan menyerahkan segalanya! Pasalnya, di balik pesona tersebut, ada kalanya seseorang bisa menjadi calon pasangan yang toksik. Karenanya, sebelum jatuh terlalu dalam, sebaiknya kenali sejak dini ciri-ciri calon pasangan toksik agar tidak menyesal kemudian. Apa saja?

1. Love Bombing di Awal Hubungan

Salah satu ciri yang sering muncul pada calon pasangan yang toksik adalah love bombing di awal hubungan. Mereka akan memberikan perhatian berlebihan, pujian berlebihan, dan memberikan kesan bahwa adalah pusat dari segalanya.

Namun, ini seringkali hanya trik untuk mendapatkan kendali dan membuatmu tergantung padanya. Memberikan perhatian dan hadiah berlebihan ini biasanya dilakukan agar kamu merasa berutang budi dan merasa tak bisa hidup tanpanya. 

2. Lambat Laun Jadi Gaslighting

Ciri-Ciri Calon Pasangan Toksik (via IDN IDN Times)

Jika teknik love bombing sudah sukses dijalankan, pasangan toksik akan mulai melakukan gaslighting, yaitu teknik manipulasi yang digunakan untuk membuat orang lain meragukan pikiran, perasaan, dan persepsinya sendiri. Calon pasangan yang toksik mungkin akan meragukan kepercayaan dan penilaian, sehingga membuat merasa tidak aman dan bingung.

3. Membatasi Pergaulan dan Aktivitas

Ciri-Ciri Calon Pasangan Toksik (via IDN Times Sulsel)

Calon pasangan yang toksik cenderung ingin mengendalikan dan mengisolasi calon pasangannya dari teman dan keluarga. Mereka mungkin akan mencoba membatasi pergaulan dan aktivitas, serta membuatmu merasa bersalah jika menghabiskan waktu dengan orang lain selain mereka.

4. Mudah Cemburu

Ciri-Ciri Calon Pasangan Toksik (via Halodoc)

Cemburu yang berlebihan juga bisa menjadi ciri calon pasangan yang toksik. Mereka mungkin akan merasa cemburu bahkan terhadap hubunganmu dengan teman atau keluarga, dan bisa saja mengambil tindakan yang berlebihan karena rasa cemburu tersebut.

5. Mengirim Pesan Terlalu Intens

Ciri-Ciri Calon Pasangan Toksik (via Tabloid Bintang)

Calon pasangan yang toksik seringkali akan mengirimkan pesan atau melakukan kontak yang terlalu intens dan sering. Mereka mungkin akan terus-menerus meminta perhatian dan mengharapkan respons dari, bahkan jika kamu sedang sibuk atau tidak dapat membalas pesan mereka. Namun yang lebih ngeri, sikap ini akan berkembang menjadi sikap overthinking, overprotektif, dan sikap-sikap lain yang membuatmu tidak nyaman. 

Mengenali ciri-ciri calon pasangan yang toksik  adalah langkah penting untuk melindungi diri dari hubungan yang merugikan. Jika kamu mendeteksi adanya tanda-tanda tersebut pada seseorang yang sedang didekati, penting untuk berhati-hati dan mempertimbangkan kembali hubungan tersebut. Ingatlah bahwa hubungan yang sehat adalah yang didasarkan pada saling percaya, penghargaan, dan dukungan satu sama lain.

Ciri-Ciri Calon Pasangan Toksik (via LinkedIn)