Yuk Kenalan Sama Oksidasi Makeup yang Bikin Wajah Terlihat Lebih Gelap

Mengenal lebih jauh tentang oksidasi makeup yang bisa membuat wajah terlihat abu-abu saat memakai foundation.

Banyak orang yang mungkin belum menyadari tentang oksidasi makeup. Padahal hal ini wajib dipahami, karena oksidasi makeup  dapat menimbulkan masalah pada kulit wajah, yakni warna foundation yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Alih-alih terlihat cantik memesona, kamu justru akan merasa terganggu karena adanya proses oksidasi. Selain itu bisa menjadi pemicu dari kulit yang semakin lama terlihat abu-abu. Jadi nggak percaya diri, kan? Lantas, apa yang dimaksud dengan oksidasi makeup? Yuk, kenalan lebih jauh lagi!

Apa Itu Oksidasi Makeup?

Oksidasi makeup adalah kondisi ketika foundation yang digunakan terlihat lebih gelap. Bukan tanpa sebab, hal ini bisa terjadi karena  foundation yang telah bercampur dengan minyak di kulit wajah. Oksidasi makeup tidak terjadi secara langsung, tetapi terjadi setelah 1-2 jam menggunakan foundation.

Penyebab Oksidasi Makeup

Oksidasi Makeup (via halosmi.com)

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa oksidasi makeup dapat disebabkan karena minyak pada wajah. Namun tidak hanya tersebut. Ada faktor lain yang bisa menyebabkan oksidasi makeup terjadi. Oksidasi makeup ternyata bisa terjadi karena adanya paparan sinar matahari yang mengenai kulit. Paparan sinat matahari tersebut dapat memecah pigmen pada kulit, sehingga menyebabkan oksidasi makeup lebih cepat. 

Selanjutnya, oksidasi makeup juga bisa terjadi karena ada bahan kosmetik yang memicu oksidasi itu sendiri. Salah satu bahan yang dimaksud adalah besi oksida (iron oxides). Bahan tersebut merupakan senyawa kimia yang dapat bereaksi dengan udara dan kelembapan, sehingga lebih rentan mengalami oksidasi make up.

Cara Mengatasi Oksidasi Makeup

Oksidasi Makeup (via Grid.ID)

Namun kamu nggak perlu khawatir, oksidasi makeup tetap bisa diatasi dengan cukup mudah. Yakni dengan rutin memakai skincare setiap hari. Perlu diketahui bahwa oksidasi makeup sering terjadi pada kulit berminyak. Karena itu, rutin menggunakan skincare setiap hari dapat membantu mengontrol minyak. Dengan begitu, oksidasi makeup saat memakai foundation bisa terhindarkan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan produk pengontrol minyak seperti setting spray atau setting powder dalam setiap tahap akhir makeup. Dengan begitu, minyak di wajah akan lebih terkontrol dan tidak terjadi oksidasi makeup saat sudah melewati sekian jam dengan makeup.

Oksidasi Makeup (via BrilioBeauty)