5 Penyebab Jerawat Telinga yang Wajib Dihindari

Kamu wajib tahu apa penyebab jerawat telinga muncul agar kamu bisa menghindarinya sedini mungkin.

Jerawat telinga merupakan salah satu masalah kulit yang jarang sekali terjadi. Meski demikian, kamu wajib tahu apa penyebab jerawat telinga muncul agar kamu bisa menghindarinya sedini mungkin.

Meski letaknya tidak terlihat seperti jerawat wajah, tetapi kemunculan jerawat telinga ini cukup mengganggu. Terlebih jika jerawat sedang matang-matangnya, bisa muncul rasa sakit atau gatal yang bikin kesal. Agar kamu terhindar dari jerawat telinga, berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Peningkatan Produksi Minyak

Mengutip lama Alodokter, munculnya jerawat telinga disebabkan oleh peningkatan produksi minyak atau penumpukan sel kulit mati dan bakteri di pori-pori kulit telinga bagian luar. Hal itu akhirnya mengakibatkan munculnya jerawat.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab Jerawat Telinga (via Beauty Journal)

Hormon merupakan pembawa pesan kimiawi yang mengontrol jaringan dan organ untuk bekerja. Jika tubuh mengalami ketidakseimbagan hormon itu artinya kondisi tubuh terlalu banyak atau kekurangan hormon tertentu. Misalnya seperti pada masa puber atau menjelang menstruasi.

3. Infeksi Bakteri

Penyebab Jerawat Telinga (via Alodokter)

Perlu diketahui, luka atau kebiasaan sering menyentuh atau menggaruk telinga dengan kondisi tangan yang kotor bisa menjadi penyebab infeksi bakteri. Sehingga mengakibatkan munculnya jerawat yang meradang pada bagian tersebut.

4. Rambut yang Kotor

Penyebab Jerawat Telinga (via Stylo.ID)

Selain kebiasaan menyentuh telinga dengan tangan yang kotor, rambut yang tidak dijaga kebersihannya juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di telinga. Sebab, rambut yang kotor bisa menjadi sarang bakteri yang kemudian menempel di telinga.

5. Aksesoris Telinga

Penyebab Jerawat Telinga (via Grid Health)

Bagi perempuan penggunaan aksesoris telinga seperti anting tentu bisa mempercantik tampilan. Namun jika aksesoris tersebut tidak rajin dibersihkan, maka bisa menjadi sarang bakteri dan berujung pada munculnya jerawat pada area telinga.

Setelah mengetahui apa saja penyebab jerawat  telinga, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan yang sudah disebutkan tadi. Lalu  jangan lupa untuk menjaga kebersihan tubuhmu, terutama area dekat telinga.

Penyebab Jerawat Telinga (via Kapanlagi Plus)