Bermanfaat Bagi Kesehatan, 5 Manfaat Luar Biasa Ikan Kembung yang Jarang Disadari

Ikan kembung mengandung beragam nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan. Karena itu, manfaat ikan kembung bagi kesehatan tubuhmu sungguh luar biasa.

Jika kamu adalah penikmat kuliner  seafood, pasti sudah tidak asing dengan ikan kembung. Ikan yang mudah dijumpai di pasar tradisional ini sering dianggap remeh, tetapi sebenarnya mengandung beragam nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu nutrisinya adalah kandungan omega-3 dalam ikan kembung dinilai lebih banyak dari ikan salmon. Karena itu, manfaat ikan kembung bagi kesehatan tubuhmu sungguh luar biasa. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat ikan kembung yang pertama adalah dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung karena ikan kembung mengandung kombinasi antara asam lemak omega-3 dan kandungan lemak jenuh yang rendah. Mengonsumsi ikan kembung secara teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darahmu.

2. Mendukung Fungsi Otak

Manfaat Ikan Kembung (via WowKeren)

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan kembung dapat meningkatkan fungsi otak, khususnya untuk anak-anak. DHA, salah satu jenis asam lemak omega-3 yang banyak terdapat dalam ikan kembung, penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang optimal.

3. Membantu Mengontrol Berat Badan

Manfaat Ikan Kembung (via Grid Kids)

Memiliki protein tinggi dan rendah kandungan lemak membuat ikan kembung menjadi pilihan makanan yang baik untuk membantu menjaga berat badan yang sehat. Konsumsi ikan kembung dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makanmu.

4. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Manfaat Ikan Kembung (via Intisari Online)

Ikan kembung kaya akan protein tinggi yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, tulang dan rambutmu. Selain itu, dengan adanya kandungan selenium dan tembaga dalam ikan ini, kepadatan tulangmu akan terjaga sehingga tidak mudah keropos. 

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat Ikan Kembung (via Alodokter)

Asam lemak omega-3 dalam ikan kembung juga penting untuk kesehatan mata. DHA, salah satu komponen utama dari retina mata, dapat membantu menjaga kesehatan retina dan mengurangi risiko terjadinya penyakit mata terkait usia.

Itulah beberapa manfaat ikan  kembung yang kaya bagi kesehatan tubuh. Tidak kalah dari ikan lain yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, ikan kembung juga cenderung lebih terjangkau daripada beberapa jenis ikan lainnya, menjadikannya pilihan yang praktis, dan ekonomis untuk meningkatkan asupan nutrisi dalam diet harianmu.

Manfaat Ikan Kembung (via The Eye Observer)