Kebiasaan yang Bikin Tagihan Listrik Membengkak, Padahal Sepele Lho!

Beberapa kebiasaan berikut harus kamu hindari untuk lebih menghemat penggunaan listrikmu dan uang yang kamu keluarkan. Apa saja itu?

Beberapa orang mungkin nggak menyadari kalau selalu melakukan kebiasaan buruk yang bikin tagihan listrik membengkak. Padahal kebiasaan tersebut sangat sepele lho. Biaya tagihan listrik merupakan salah satu pengeluaran bulanan yang cukup bikin deg-degan.

Bagaimana tidak, besarnya pengeluaran untuk tagihan listrik bisa menghabiskan setengah anggaran bulanan lho. Wah, daripada keterusan boncos tiap bulan. Yuk, cari tahu apa saja kebiasaan yang bikin tagihan listrik membengkak.

1. Membiarkan Jendela dan Pintu Terbuka di Ruangan Ber-AC

Siapa nih yang suka nggak sadar membuka pintu saat berada dalam ruangan ber-AC? Meski hanya celah kecil saja yang terbuka, tetapi kebiasaan tersebut bisa membuat tagihan listrik kamu membengkak lho.

Sebelum menyalakan AC, sebaiknya kamu pastikan dulu semua pintu dan jendela sudah tertutup rapat. Dengan begitu, ruangan bisa dingin sempurna dan tagihan listrik kamu tidak akan meningkat tajam.

2. Membiarkan Colokan Tetap Menancap

Kebiasaan Buruk (via Hometronik)

Mematikan alat elektronik setelah dipakai adalah hal yang benar. Namun, tetap membiarkan colokan menancap pada soket listrik adalah kebiasaan yang sebaiknya dihilangkan. Kamu perlu tahu, bahwa meski alat eletronik sudah dimatikan, tetapi jika colokan tetap menancap pada soket, maka daya listrik akan terus mengalir. Hal tersebutlah yang biasanya menjadi vampir penyedot energi listrik.

3. Tidak Memanfaatkan Cahaya Matahari

Kebiasaan Buruk (via Beautynesia)

Memiliki jendela besar di rumah adalah anugerah tersendiri. Dengan begitu kamu bisa menghemat listrik saat siang hari. Buka saja jendela tersebut lebar-lebar dan biarkan cahaya matahari dengan sukarela menerangi ruangan dalam rumah kamu. Kalau kamu selalu menutup jendela tersebut sepanjang hari, maka bersiaplah tagihan listrik meningkat karena pemakaian lampu yang boros.

Setelah tahu apa saja kebiasaan buruk yang bikin tagihan listrik  membengkak, mulai sekarang sebaiknya hindari semua kebiasaan tadi ya. Meski sepele, tetapi bisa membuat kamu kehabisan banyak dana di setiap bulannya lho.

Kebiasaan Buruk (via QM Financial)