Apa Sih yang Menyebabkan Kita Cegukan Setelah Makan?

Kira-kira, apa sih penyebab kita cegukan setelah makan? Padahal keliatannya lucu ya, tapi gak asik.

Kira-kira, apa sih penyebab kita cegukan setelah makan? Hmm, soalnya keliatannya lucu sih, tapi sumpah ... gak asik gengs!

Serangan cegukan umumnya terjadi sekitar semenit setelah kita makan. Serangan cegukan tuh gak enak banget lho, apalagi kalo cegukan dalam waktu yang lama.

Orang tua kita sering bilang, cegukan bisa diatasi dengan minum air. Air hangat mungkin akan membantu. Selain itu, ada sejumlah cara lain mulai dari menengok ke kanan atau meminum air dengan cara menutup kedua lubang hidung.

Berhasil? Dalam sebagian kasus ya, tapi lebih sering gak berhasilnya gengs.

Dalam sebuah ulasan di So Yummy, cegukan terjadi karena adanya kontraksi yang tak disengaja di dalam diafragma. Sebutlah 'kejang diafragma', atau otot besar di pangkal paru-paru yang berkontraksi saat kita bernapas. Nah, itu jadi rata.

Saat kontraksi ini terjadi, paru-paru akan membesar dan udara jadi tersedot ke dalam.

Makan banyak dan cepet bikin cegukan (healthline.com)

Cegukan kan juga bersuara tuh. Nah, suara cegukan muncul karena penutupan pita suara yang terjadi setelah kontraksi diafragma tadi.

Ada banyak hal yang menyebabkan cegukan. Tapi alasan yang paling lazim adalah karena makan terlalu banyak, apalagi kalo makannya dengan cepat. Kok bisa?

Minum dulu biar gak cegukan (wellandgood.com)

Ya bisa lah. Begini, ketika kita makan berlebihan, perut akan mulai mengembang dan membuncit. Kondisi tersebut akan menekan lambung sampai ke diafragma dan menyebabkan kontraksi yang berakhir pada cegukan.

Di samping itu, kontraksi diafragma juga bisa disebabkan karena makan yang terlalu cepat. Udara di luar tubuh kita akan ikut masuk ke dalam tubuh saat kita makan terlalu cepat. 

Udah gitu, kita jadi menelan banyak udara deh. Perut kita jadi buncit deh setelah itu.

Makanya, cara makannya juga kudu bener gengs (rd.com)

Gak cuman itu. Cegukan juga bisa terjadi karena makanan yang kita makan masih panas, terlalu dingin, atau terlalu pedas. Selain itu, makanan yang ada gasnya juga bisa bikin cegukan.

Minuman juga bisa jadi penyebabnya lho. Minuman berkarbonasi terutama, termasuk juga alkohol yang menyebabkan gelembung udara jadi penyebabnya.

Makan dan minum oke, tapi jangan berlebihan ya gengs! (healthline.com)

Makanan atau minuman tersebutlah yang akan merangsang sarat di kerongkongan dan menyebabkan 'kejang diafragma' tadi.

Jadi, coba deh mulai sekarang kalian lebih pelan-pelan lagi makannya. Santai aja gitu. Cegukan emang lucu sih, tapi nyiksa buat yang lagi cegukan. Apalagi kalo gak reda-reda cegukannya.

Minum malah bisa bikin cegukan juga nih, duh ... (bustle.com)