Hati Jadi Lebih Tenang, Ini 5 Cara Mengatasi Bad Mood dengan Cepat

Kita wajib tahu bagaimana cara mengatasi bad mood dengan cepat agar kegiatan kita tidak terpengaruh.

Setiap orang tentu memiliki suasana hati yang berubah-ubah. Bisa senang, sedih, bahkan marah. Karena itu, kita wajib tahu bagaimana cara mengatasi bad mood  dengan cepat agar kegiatan kita tidak terpengaruh.

Bad mood dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari karena urusan asmara, tekanan pekerjaan, keuangan, dan masih banyak lagi. Saat mood memburuk, tubuh akan melepaskan beragam zat kimia dan hormon stres di dalam otak yang berdampak pada kesehatan.

Nah, agar kesehatanmu tidak terganggu karena mood yang buruk. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Apa saja?

1. Mendengarkan Musik

Cara pertama untuk mengatasi mood yang buruk adalah dengan mendengarkan musik. Disarankan kamu mendengarkan musik dengan beat yang cepat dan lirik yang positif. Dengan begitu, kamu akan tersugesti dan moodmu berubah menjadi lebih baik.

2. Makan Cokelat

Cokelat mengandung enzim polifenol yang diyakini berfungsi sebagai antistres. Karena itulah, saat bad mood kamu dianjurkan untuk makan cokelat. Dengan tujuan, kamu merasa bahagia seperti mendapatkan barang atau suatu hal yang kamu suka. Jadi nggak heran kan saat perayaan valentine, banyak pasangan menghadiahkan cokelat sebagai simbol cinta dan kebahagiaan.

3. Tersenyum

Mengatasi Bad Mood dengan Cepat (via HonestDocs)

Orang yang sedang bad mood pasti akan merasa kesulitan untuk tersenyum. Namun coba lakukan hal ini, deh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang tersenyum cenderung lebih merasa bahagia karena kadar stresnya menurun.

4. Makan

Terakhir, saat merasa bad mood ada baiknya kamu makan makanan favorit kamu. Makan makanan kesukaan akan menimbulkan rasa puas. Sehingga kamu akan menjadi bahagia dan mood pun kembali membaik.

5. Melakukan Hobi

Mengatasi Bad Mood dengan Cepat (via kumparan)

Melakukan hobi yang disenangi dapat meningkatkan suasana hati dengan cara yang beragam. Aktivitas yang menyenangkan dan bermakna bisa meredakan stres, mengalihkan pikiran dari masalah, dan meningkatkan rasa pencapaian. Misalnya jika kamu suka memasak, maka cobalah membuat menu simpel yang membuatmu merasa berharga dan berarti. 

Selain itu, hobi bisa menjadi outlet kreativitas yang membangkitkan kebahagiaan dan kepuasan pribadi. Dengan fokus pada aktivitas yang menyenangkan, seseorang dapat mengalami peningkatan mood dan kebahagiaan yang signifikan. Tapi pastikan kamu melakukan hobi yang positif, ya!

Demikian beberapa tips yang bisa dipraktekkan. Cara mengatasi mood  dengan cepat sebenarnya adalah hal mudah. Tergantung kamu mau melakukannya atau tidak. Selamat mencoba dan semoga selalu bahagia!

Mengatasi Bad Mood dengan Cepat (via Hipwee)