6 Jenis Saus Pasta Italia yang Menggugah Selera, Wajib Kamu Coba!

Siapa yang tidak suka pasta? Hidangan yang terkenal berasal dari Italia ini sering disajikan dengan beragam saus pasta yang berbeda.

Siapa yang tidak suka pasta? Hidangan yang terkenal berasal dari Italia ini sering disajikan dengan beragam saus pasta yang berbeda. Saus yang disiramkan di atas pasta ini merupakan elemen kunci yang memberikan cita rasa dan karakteristik unik pada hidangan pasta. 

Dalam dunia kuliner, ternyata ada beragam jenis saus pasta yang menggugah selera. Nah, sebagai penggemar pasta sejati, tentunya kamu ingin lebih mengenal beragam saus pasta dan menentukan mana yang paling kamu sukai. Yuk, jelajahi beberapa macam saus pasta yang paling terkenal dan menggoda selera:

1. Saus Bolognese

Saus Bolognese merupakan salah satu saus pasta yang paling ikonik dan paling sering ditemui di Indonesia. Dibuat dari daging cincang, tomat, bawang, dan rempah-rempah, saus ini memiliki cita rasa kaya dan menggugah selera.

Sering disajikan bersama spaghetti, saus bolognese merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang baru memulai perjalanan kulinermu dalam dunia pasta.

2. Saus Carbonara

Saus Pasta (via Kompas.com)

Setelah Bolognese, ada juga saus pasta yang tidak kalah pamor, yaitu saus carbonara. Saus ini adalah perpaduan yang sempurna antara telur, keju parmesan, bacon, susu dan lada hitam. Cita rasanya yang creamy dan gurih menjadikannya pilihan yang sangat tepat bagi pencinta pasta.

3. Saus Alfredo

Saus Pasta (via ResepKoki)

Saus alfredo hampir sama dengan saus carbonara. Hanya saja, saus alfredo terkenal karena kekentalannya yang khas, yang dihasilkan dari campuran mentega, krim, dan parmesan. Saus ini memberikan pasta sentuhan kaya dan berlemak yang tak tertandingi sehingga cocok bagi kamu yang menyukai rasa creamy.

4. Saus Arrabbiata

Saus Pasta (via Allrecipes)

Bagi kamu penyuka pedas, pilihan saus ini akan cocok untukmu. Saus arrabbiata terkenal karena kepedasannya yang menggigit. Sama-sama berwarna merah, beda saus Arrabbiata dengan bolognese terletak pada penggunaan daging dan cabai.

Saus arrabbiata dibuat dari campuran cabai merah, tomat, bawang, dan bawang putih. Saus ini memberikan pasta dengan rasa yang berani dan tentunya lezat.

5. Saus Marinara

Saus Pasta (via Delicious)

Saus Marinara adalah pilihan klasik yang terbuat dari tomat, bawang, dan bumbu-bumbu lainnya. Berwarna hampir mirip dengan saus bolognese, saus ini tidak menggunakan campuran daging sehingga memiliki rasa yang lebih ringan.

Ciri khasnya adalah rasa tomat yang segar, gurih, dan sedikit asam, sempurna untuk memberikan pilihan rasa yang lain saat menyantap pasta.

6. Saus Pesto

Saus Pasta (via Nonna Box)

Berbeda dari saus-saus yang lain, saus pesto menggunakan banyak rempah khas Italia. Saus pesto terbuat dari paduan segar daun basil, pinenut atau kacang pinus, keju parmesan, bawang putih, dan minyak zaitun. Berwarna sedikit kehijauan, saus ini memberikan sentuhan rasa herbal yang lezat, segar dan menggugah selera.

Tidak peduli jenis saus pasta  mana yang kamu pilih, setiap saus memiliki karakteristiknya sendiri yang membuatnya istimewa. Dengan begitu banyak variasi untuk dieksplorasi, tidak ada alasan untuk tidak menikmati hidangan pasta dengan saus yang sesuai dengan selera kamu.

Saus Pasta (via detikFood)