Percaya Nggak Percaya, Ini 3 Mitos Pantai Parangtritis yang Penuh Misteri

Tahukah kamu terdapat mitos Pantai Parangtritis yang hingga kini masih penuh dengan misteri.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata alam di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikunjungi banyak wisawatan. Baik dari dalam kota atau luar kota. Namun, tahukah kamu terdapat mitos Pantai Parangtritis yang hingga kini masih penuh dengan misteri

Lantas, mitos apa saja yang masih erat dikaitkan dengan Pantai Parangtritis yang merupakan pantai selatan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Mitos Kuda Laut

Menurut nelayan dan warga sekitar Pantai Parangtritis, mereka sering melihat penampakan kuda laut, terlebih saat malam. Kuda laut tersebut diyakini sebagai kendaraan para prajurit Ratu Nyi Roro Kidul.

Namun penampakan kuda laut tersebut sering dikaitkan dengan hal buruk. Jika kuda laut tersebut terlihat maka merupakan tanda akan segera terjadi bencana alam di kawasan Pantai Parangtritis. Karenanya, penduduk setempat sering melakukan ritual agar terhindar dari bencana alam.

2. Dilarang Memakai Baju Berwarna Hijau

Mitos Pantai Parangtritis (via Indo1)

Mitos kedua yang masih sering beredar adalah larangan memakai baju berwarna hijau jika berkunjung ke Pantai Parangtritis. Hal ini disebabkan Ratu Kidul yang terkenal di Pantai Parangtritis menyukai hal-hal yang berwarna hijau.

Karena itu, pengunjung Pantai Parangtritis yang memakai baju berwarna hijau dikhawatirkan bisa menarik perhatian dan kemarahan Ratu Kidul. Hal tersebut bisa mengakibatkan kesialan pada si pemakai baju warna hijau.

3. Pantai Parangtritis Gerbang Menuju Kerajaan Alam Gaib

Mitos Pantai Parangtritis (via Phinemo.com)

Mitos selanjutnya tentang Pantai Parangtritis adalah pantai tersebut merupakan gerbang menuju kerajaan alam gaib. Mitos ini semakin kuat karena adanya sejumlah fenomena alam yang terjadi di Pantai Parangtritis. Salah satunya adalah adanya suara gemuruh dari arah laut saat malam. Suara tersebut dipercaya sebagai aktivitas gaib.

Itu tadi tiga mitos Pantai Parangtritis  yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Kalau kamu percaya mitos tersebut nggak? Baik percaya maupun tidak, tetapi tidak ada salahnya kok kalau kamu berhati-hati.

Mitos Pantai Parangtritis (via PanduanWisata.id)