Bikin Melek, Ini 3 Menu Sahur Ala Jepang yang Nggak Ribet

Memasak menu sahur memang terkadang bikin bingung. Padahal kalau kamu mau mencoba membuat menu sahur ala Jepang ini bisa bikin sahur jadi lebih berselera.

Menjadi salah satu waktu penting dalam berpuasa, namun sahur terkadang bikin bingung karena kehabisan ide menu makanan. Waktu yang singkat dan rasa kantuk yang masih bergelayut terkadang membuat kita sering masak asal-asalan untuk sahur. Padahal kalau kamu mau mencoba membuat menu sahur ala Jepang ini bisa bikin sahur jadi lebih berselera. 

Tenang, menu makanan Jepang ini nggak terlalu ribet. Kamu bisa menyiapkannya saat malam dan tinggal memasaknya sebentar saat sahur. Lantas, menu sahur ala Jepang apa saja sih yang bisa bikin kamu auto melek saat sahur?

1. Tamago Kake Gohan

Kalau kamu suka dengan telur mentah, kamu bisa nih menyantap tamago kake gohan yang merupakan salah satu makanan favorit orang-orang Jepang. Tamago kake gohan dibuat dengan menggunakan 4 bahan, yakni nasi, telur, kecap asin, dan furicake. 

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, siapkan semangkuk nasi hangat. Kemudian tambahkan telur omega di atas nasi tersebut. Lalu, tambahkan 2 sendok teh kecap asin dan taburi dengan furicake di atas nasi tadi. Aduk hingga semua tercampur rata. tamago kake gohan pun siap disantap.

2. Gyudon

Menu Sahur Ala Jepang (via Serious Eats)

Selanjutnya ada gyudon yang juga nggak kalah simple dari tamago kake gohan. Sama seperti menu yang sebelumnya, gyudon juga dibuat dari 4 bahan, yakni bawang bombai, daging sapi cincang, mirin, dan kecap asin.

Cara membuatnya adalah dengan pertama, tuangkan minyak wijen ke wajan. Lalu masukkan bawang bombai yang sudah diiris dan tumis hingga layu. Setelah itu, masukkan mirin secukupnya dan tambahkan kecap asin. Terakhir, masukkan daging sapi cincang  dan aduk hingga bumbu meresap. Setelah dirasa cukup, angkat, dan gyudon siap disantap.

3. Curry

Menu Sahur Ala Jepang (via Serious Eats)

Terakhir ada menu curry yang juga gampang dibikin. Kamu hanya membutuhkan 3 bahan saja untuk membuatnya, yakni kentang, wortel, dan bawang bombai. Caranya, potong semua bahan kemudian tumis sampai layu. Lalu, masukkan kurang lebih 400 ml air dan tunggu sampai mendidih. Selanjutnya, masukkan bumbu curry dan kaldu jamur sesuai selera. Aduk hingga rata dan cek rasa. Kalau sudah enak, angkat dan sajikan.

Itu tadi tiga menu sahur  ala Jepang yang nggak ribet sama sekali. Nggak ada lagi deh alasan sahur tidak berselera dan malas-malasan. Hidangan di atas nggak hanya menggugah selera namun juga memberikan energi yang cukup agar kuat menjalani puasa seharian. Tertarik mencobanya?

Menu Sahur Ala Jepang (via Just One Cookbook)