Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil, Boleh-Boleh Saja Asal Lakukan Ini

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil, Boleh-Boleh Aja Asal...

Ibu hamil memang butuh banyak asupan yang bergizi tinggi. Itulah mengapa kemudian banyak dari ibu yang sedang hamil, tidak wajib melakukan ibadah puasa. Namun, jika ternyata kondisi ibu hamil baik. Dokter juga sudah menyatakan tidak apa-apa, nyatanya ibu hamil pun bisa ikut menjalankan ibadah puasa. 

Seperti yang dijelaskan "NU Online" bahwa jika ibu hamil memiliki kondisi prima, begitu juga anak yang dikandungnya, maka ia tetap wajib berpuasa. Selain itu, ibu hamil yang khawatir dan menduga puasa dapat mengganggu kondisinya dan kandungan, maka hukumnya makruh.

Sementara jika ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang tak memungkinkan berpuasa, maka haram baginya untuk nekat berpuasa.

Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil

Jika ibu dan kandungan sudah dinyatakan dalam kondisi prima oleh dokter, sekarang saatnya mengikut tips-tips berikut ini agar ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar.

1. Makan dalam Jumlah Kecil

Ibu hamil disarankan untuk makan makanan dalam jumlah kecil namun sering. Baik saat saur maupun berbuka.

Sebab makan makanan yang banyak dan berat dalam sekali waktu dapat memicu masalah kesehatan seperti konstipasi, sakit kepala, lesu, dan gangguan pencernaan.

2. Makan Makanan dengan Gizi Seimbang

Ibu hamil sangat disarankan makan makanan yang mengandung gizi seimbang. Mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat.

Makanan yang kaya nutrisi tidak hanya penting untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu, tapi juga penting demi menjaga berat badan ibu selama puasa.

Porsi makan ibu hamil (nakita.grid.id)

3. Jangan Lewatkan Sahur

Ibu hamil wajib makan sahur. Sebab jika tidak, akan ada efek buruk seperti sakit kepala, lapar, dan mengantuk. Saat sahur, ibu hamil sebaiknya tak makan terlalu banyak. 

Makanlah makanan sahur yang berserat tinggi dan mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Sebab tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah dan menyerap makanan jenis itu, sehingga akan memberi rasa kenyang dan energi yang lebih lama bagi ibu hamil.

4. Makan Makanan yang Berserat Tinggi

Tips berpuasa ibu hamil (mediaindonesia.com)

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah, roti gandung, roti panggang multigrain, juga tak kalah penting. Wanita hamil juga butuh cairan lebih banyak karena kebutuhan cairan ibu hamil meninggat sebanyak satu dua gelas sehari. Cairan bisa didapat dari sup, buah, dan sayuran.

5. Hindari Makanan yang Terlalu Asin

Makanan yang terlalu asin dapat membuat kita lebih cepat merasa haus. Sehingga sebaiknya, hindari makanan yang terlalu asin atau batasi takaran garam.

6. Minum Vitamin

Yang tidak kalah penting dalam menjaga kondisi ibu dan janin selama puasa adalah konsumsi suplemen. Beberapa suplemen seperti asam folat, vitamin D, bisa dikonsumsi selama dokter menyarankan.

Itu tadi beberapa tips menjaga kondisi kehamilan agar tetap prima selama beribadah puasa. Semoga bermanfaat ya ibu-ibu, salam sehat selalu.

Makanan berserat tinggi (review.bukalapak.com)