7 Cara Mengatasi Kebiasaan Terbangun saat Tidur Malam

Kebiasaan terbangun saat tidur malam yang tidak direncanakan dan terus berulang bisa menjadi masalah yang mengganggu kualitas tidur dan kesehatan.

Kebiasaan terbangun saat tidur malam yang tidak direncanakan dan terus berulang bisa menjadi masalah yang mengganggu kualitas tidur dan kesehatan. Kamu mungkin sering merasa lelah dan tidak segar di pagi hari karena sering terbangun selama tidur malam.

Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kebiasaan ini dan meningkatkan kualitas tidurmu hingga dapat tidur nyenyak di malam hari. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu coba:

1. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Untuk mendapat kualitas tidur yang baik, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Pastikan kamar tidurmu memiliki kondisi yang mendukung tidur yang berkualitas. Gunakan penutup mata, atur suhu ruangan dan jika perlu gunakan lilin aromaterapi agar tidurmu nyenyak dan tidak terbangun di malam hari.

2. Buat Jadwal Tidur

Buat jadwal tidur sehingga kamu bisa tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Lakukan juga jadwal tidur ini di hari libur. Menjaga jadwal tidur yang teratur dapat membantu mengatur ritme sirkadianmu dan meningkatkan kualitas tidurmu secara keseluruhan.

3. Hindari Konsumsi Kafein atau Alkohol Sebelum Tidur

Kebiasaan Terbangun saat Tidur Malam (via Resindo Medika)

Hindari minum kafein atau alkohol setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur. Kafein dan alkohol dapat mengganggu pola tidurmu dan menyebabkan kamu terbangun lebih sering saat malam.

4. Berhenti Merokok

Kebiasaan terbangun saat tidur malam juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan merokok. Nikotin dalam rokok merupakan stimulan yang dapat mengacaukan pola tidur dan membuat penggunanya selalu waspada dan terjaga. Sebagai akibatnya, perokok bisa dengan mudah terkena insomnia jika merokok secara rutin, terutama menjelang jam tidur. 

5. Lakukan Relaksasi Sebelum Tidur

Kebiasaan Terbangun saat Tidur Malam (via Rukita)

Cobalah untuk melakukan teknik relaksasi seperti meditasi dan melakukan teknik pernapasan. Cara ini dapat membantu menenangkan pikiranmu dan mempersiapkan tubuhmu untuk tidur yang nyenyak.

6. Batasi Paparan Cahaya Biru 

Hindari paparan cahaya biru dari layar gadget atau lampu kamar tidur paling tidak 1 jam sebelum tidur. Cahaya biru dapat mengganggu produksi melatonin dalam tubuhmu, yang penting untuk memicu tidur yang nyenyak.

7. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur

Hindari makan makanan berat atau makanan pedas 3 jam sebelum tidur. Makanan berat bisa membuatmu merasa tidak nyaman dan sulit tidur, sementara makanan pedas dapat meningkatkan risiko terbangun karena refluks asam lambung.

Dengan mencoba beberapa tips di atas secara konsisten, kamu dapat mengatasi kebiasaan terbangun saat tidur malam  dan meningkatkan kualitas tidurmu. Cukupi waktu dan kualitas tidur yang dibutuhkan tubuh agar kamu bisa terbangun dengan segar keesokan paginya.

Kebiasaan Terbangun saat Tidur Malam (via Grid.ID)