Bisa Jadi Snack atau Pendamping Nasi, Berikut Kandungan Nutrisi Nori dan Manfaat Kesehatannya

Bisa Jadi Snack atau Pendamping Nasi, Berikut Kandungan Nutrisi Nori dan Manfaat Kesehatannya

Mungkin lembaran nori adalah salah satu snack atau pendamping makanan andalanmu. Atau mungkin kamu hanya pernah makan nori yang dibungkus sushi. Tapi tahu gak, kalau manfaat nori bagi kesehatan itu sangat banyak.

Nori sangat bergizi; salah satu tanaman paling bergizi di planet ini dan oleh karena itu dipandang sebagai 'makanan super' di seluruh dunia. Simak artikel ini lebih lanjut untuk tahu apa kandungan gizi Nori dan manfaatny untuk tubuh!

Manfaat Kesehatan Rumput Laut Nori

Nori menduduki puncak daftar rumput laut dengan profil nutrisi paling sehat. Ia hanya menampung 35 kalori per 100 gram.

Nori menyusun gula dan lemak dalam persentase rendah tetapi memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi, dengan sejumlah besar vitamin A, vitamin C, dan kelompok B kompleks; dan mineral seperti yodium, mangan, fosfor, dan zat besi.

Nori adalah salah satu rumput laut paling bergizi dengan kandungan protein yang mudah dicerna dan tersedia secara hayati berkisar antara 10-15 persen.

Nori untuk sushi atau kimbab (we-xpats.com)

Nori dan ganggang merah lainnya mengandung banyak vitamin A. 100 g nori mentah segar mengandung 5.202 IU atau 1734% dari kadar vitamin A harian yang direkomendasikan. Selain itu, vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit dan penting untuk penglihatan malam.

Konsumsi sayur dan buah alami yang kaya vitamin A dan flavonoid juga diketahui dapat membantu tubuh melindungi dari kanker paru-paru dan mulut. Laver (ganggang merah) juga mengandung banyak vitamin B kompleks seperti vitamin-B6 (piridoksin) -12% RDA, riboflavin-34% RDA, folat-39% RDA, thiamin, dan niacin. Folat dalam makanan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi baru lahir.

100 g rumput laut nori segar mengandung 39 mg atau 65% dari kadar vitamin C harian yang direkomendasikan. Namun, pengeringan dan pemanggangan akan sangat mengurangi umur simpannya. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menangkal radikal bebas oksigen yang berbahaya.

Nori juga merupakan sumber nabati penting EPA (20:5 n-3, asam eicosapantonoic), asam lemak omega-3. Rasa khas rumput laut nori disebabkan oleh banyaknya tiga asam amino: alanin, asam glutamat, dan glisin.

Rumput laut segar (suara.com)