4 Fakta Vokalis Band Sore Ade Paloh Meninggal Dunia, Penyebab Hingga Sedang Persiapkan Kolaborasi

Fakta vokalis band Sore, Ade Paloh meninggal dunia karena sakit dan sedang mempersiapkan kolaborasi musik.

Dunia musik Indonesia kembali kehilangan talenta berbakatnya. Pencipta lagu sekaligus vokalis band Sore, Ade Paloh meninggal dunia di usia 47 tahun pada Selasa, 19 Maret 2023. Kabar duka ini diumumkan pengamat musik Adib Hidayat dan manajer Seringai, Wendi Putranto melalui cuitan mereka.

Kepergiaan Ade Paloh ini terbilang sangat tiba-tiba. Dugaan ini muncul karena sebenarnya Ade tengah mempersiapkan kolaborasi musik setelah Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran mendatang. Berikut ini fakta Ade Paloh meninggal dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ade Paloh Meninggal Dunia

Kabar kepergiaan Ade Paloh mulanya diketahui dari cuitan Adib Hidayat dan Wendi Putranto di akun X (Twitter) mereka. Keduanya mengungkapkan belasungkawa dan rasa kehilangan. Adib menyebut dirinya kabar duka ini sudah dikonfirmasi lewat drummer band Sore yakni Bemby Gusti.

Tak lama setelahnya, akun Instagram Sore Ze Band pun ikut mengonfirmasi kepergiaan Ade Paloh. Membagikan foto mendiang, band Sore meninggalkan pesan haru sekaligus mengabarkan detail lokasi pemakaman jenazah musisi bernama asli Firza Achmar Paloh itu.

"Engkau akan hidup seribu tahun lagi, di hati kami, selamanya. Beliau akan dimakamkan sore ini, di TPU Pondok Ranggon. Kami mohon keikhlasan doa dari teman-teman," tulis Sore Ze Band.

2. Penyebab Ade Paloh Meninggal

Band Sore Konfirmasi Ade Paloh Meninggal (Instagram)

Dalam cuitannya, Adib Hidayat dan Wendi Putranto juga membeberkan penyebab meninggalnya Ade Paloh karena sakit. Kendati demikian, belum ada informasi lebih lanjut mengenai penyakit yang diidap Ade Paloh sebelum meninggal dunia.

"Berita duka Ade Paloh vokalis dan pencipta lagu dari @SOREband wafat pada Selasa 19 Maret 2024 karena sakit. Kabar saya konfirmasi lewat @BembyGusti, drummer Sore. Duka cita mendalam untuk keluarga besar Sore dan Ade Paloh," cuit Adib Hidayat.

"Innalilahi wainna ilaihi rojiun. Telah wafat dengan tenang karena sakit pada hari ini Firza Amar Paloh (Ade Paloh), vokalis dan pencipta lagu SORE. Sebuah kehilangan yang sangat besar," tulis Wendi Putranto.

3. Sedang Persiapkan Kolaborasi

Kepergiaan Ade Paloh ini terbilang sangat tidak terduga. Hal ini terungkap dari psengakuan vokalis dan gitaris Barasuara, Iga Massardi dalam postingan di Instagramnya. Di unggahannya, Iga menyebut kalau dia dan Ade Paloh sebenarnya tengah mempersiapkan kolaborasi.

Iga Massardi bahkan menyebut kalau dirinya baru saja melakukan meeting untuk membicarakan kolaborasi mereka. Iga yang belum lama ini kehilangan ibunda pun begitu tidak menyangka akan kembali kehilangan orang yang disayanginya. 

"Bang.. Belom kering air mata gw bang. Kita harusnya kolaborasi abis Lebaran. Bener2 baru semalem gw sama anak2 miting. Ya Allah kok begini," tulis Iga Massardi di caption foto-foto Ade Paloh yang dibagikannya pada 19 Maret 2024.

Iga mengenal Ade Paloh sebagai sosok yang sangat baik. Bahkan, dia sempat memperlihatkan pesan dari Ade Paloh di tahun 2016 lalu. Saat itu, Iga diundang untuk kolaborasi di konser Sore. Dalam pesannya, Ade Paloh bersyukur bisa jadi manfaat untuk teman-temannya. 

Ade Paloh juga mengingatkan Iga untuk terus bermanfaat bagi orang-orang sekitarnya. "Orang baik jalannya lapang Insya Allah. Itu 2016 kita ngobrol di fb masi inget gw sampe akhirnya diundang konser Sore. Ga pernah nyangka bakal ngomong begini, husnul khotimah Ade Firza Paloh," tandas Iga Massardi.

4. Upaya Jadi Caleg

Sebelum meninggal dunia, Ade Paloh tengah berupaya untuk memperebutkan kursi sebagai anggota DPRD. Ade turut masuk dalam daftar calon legislatif (caleg). Dia merupakan caleg Partai NasDem dan bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta 4 yang meliputi Cakung, Matraman dan Pulogadung.

Dalam Daftar Calon Tetap (DCT), Ade maju sebagai caleg nomor urut 4 dalam perebutan 10 jatah kursi anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta. Sayangnya, usaha sebagai anggota dewan kini harus terhenti. Selamat jalan, Ade Paloh!

Iga Massardi Kenang Kebersamaan Dengan Ade Paloh (Instagram)