5 Hewan yang Ternyata Mengerti Bahasa Manusia, Bisa Jadi Sohib Nih

5 Hewan yang Ternyata Mengerti Bahasa Manusia, Bisa Jadi Sohib Nih

Apakah kamu pernah mengobrol dengan binatang? Atau, apakah kamu punya hewan peliharaan yang biasa kamu ajak ngobrol?

Nyatanya, beberapa hewan, termasuk hewan peliharaan, ternyata paham lho dengan bahasa manusia. Anjing misalnya. Mereka akan merespons sesuai perintah ketika kita tuan berkata, “Duduk”, atau “Diam”.

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa anjing benar-benar memahami ucapan manusia. Tentu ini bukan informasi baru ya? Namun ternyata, hewan-hewan berikut ini juga bisa memahami bahasa manusia lho! Apa saja?

1. Babi perut buncit

Babi memang cukup pintar untuk memahami gerakan tangan manusia. Babi dapat dilatih untuk mengikuti tangan manusia untuk menerima hadiah. Seorang peneliti bernama Horback, telah melatih banyak babi betina dewasa untuk mengikuti tangannya agar dapat menggunakan layar sentuh atau joystick dengan moncongnya untuk menerima hadiah makanan.

2. Simpanse

Simpanse telah menunjukkan kemampuan untuk berkomunikasi menggunakan ASL (American Sign Language) kepada pengamat manusia dan simpanse lainnya tentang kejadian normal di sekitarnya. 

Mereka dapat memahami dan menghasilkan frasa preposisi baru, memahami bahasa Inggris vokal, menerjemahkan kata ke dalam ASL dan bahkan mentransmisikan keterampilan tanda tangan mereka ke generasi berikutnya tanpa campur tangan manusia.

3. Gajah

Babi perut buncit (pixabay.com)

Gajah liar dapat membedakan bahasa manusia, dan mereka dapat mengetahui apakah suara itu berasal dari laki-laki atau perempuan.

Itulah yang ditemukan peneliti ketika mereka memutar rekaman orang untuk gajah di Kenya. Para ilmuwan mengatakan ini adalah keterampilan berpikir tingkat lanjut yang belum ditunjukkan oleh hewan lain. Dengan kemampuan ini, gajah bisa mencari tahu siapa yang menjadi ancaman.

4. Gorilla

Koko adalah gorila dataran rendah barat yang mengerti bahasa isyarat. Koko lahir di Kebun Binatang San Francisco pada 4 Juli 1971. Kebun binatang itu menamainya Hanabiko, yang dalam bahasa Jepang berarti "anak kembang api".

Pengasuhnya memanggilnya "Koko" agar lebih singkat. Koko mulai belajar Bahasa Isyarat Amerika setelah ulang tahun pertamanya dari seorang psikolog bernama Francine “Penny” Patterson. Dengan bantuan Patterson, Koko belajar 2.000 kata! Keren banget ya?

5. Burung Beo

Gajah dan manusia (liputan6.com)

Seekor burung beo abu-abu bernama Alex juga tak kalah kerennya. Ia bisa menguasai 150 kata dan berbicara dalam kalimat lengkap. 

Kecerdasan Alex berada pada level yang mirip dengan lumba-lumba dan kera besar. Menurut ilmuwan, Alex tampaknya menunjukkan kecerdasan manusia berusia lima tahun dalam beberapa hal.

Semua hewan tadi terbukti mengerti beberapa bahasa manusia. Para ilmuwan percaya kita bahkan mungkin bisa berbicara dengan lumba-lumba suatu hari nanti!

Beberapa hewan sangat pandai berkomunikasi. Mereka memahami manusia lebih baik daripada hewan lain. Keren bangeeettt!

Burung beo Alex yang cerdas (pojokpulsa.co.id)