Perbedaan Influencer dan Content Creator yang Sering Dianggap Sama

Beda Influencer dan Content Creator yang Sering Dianggap Sama

Kini, mulai banyak profesi baru yang muncul di era teknologi informasi yang canggih. Profesi-profesi tersebut tentu dulu belum ada karena dulu teknologinya pun belum ada.

Beberapa profesi yang zaman dahulu gak ada misalnya: YouTuber, web developer, desainer gadget, gamer, games desainer, animator, dan sebagainya.

Profesi-profesi tersebut memang mengandalkan kemajuan teknologi dan gadget yang canggih. Jadi, maklum jika dulu profesi tersebut belum ada. Lha alatnya aja belum ada kok!

Lalu, bagaimana dengan profesi influencer dan content creator? Sebenarnya apa sih beda kedua profesi tadi? Simak penjelasannya di artikel ini ya!

Beda Influencer dan Content Creator

Di era digital, bukan hal yang baru lagi buat kita mendengar profesi seseorang sebagai content creator atau influencer. Apalagi dengan banyaknya media sosial yang ada saat ini. Semakin banyak pula orang yang menjadikan dua profesi tadi jadi mata pencaharian. 

1. Influencer

Kalau diartikan secara harfiah memang influencer adalah orang yang bisa memberikan pengaruh atau mempengaruhi orang lain. Namun, pada dasarnya, influencer bisa juga dimaknai sebagai selebritis. 

Karena selebritis adalah orang yang dikenal luas atau public figure. Tentu mereka bisa lebih mudah memberi pengaruh pada orang banyak. Itulah mengapa mereka disebut influencer.

Beda dengan selebritis layar kaca atau film. Influencer merupakan selebritis media sosial. Mereka membangun citra dari awal hingga kemudian dikenal banyak orang melalui media sosial.

Tapi tak jarang juga influencer ini kemudian digandeng oleh pihak televisi atau production house untuk tampil di acara televisi dan menjadi entertainer. Melalui media sosial, influencer biasanya mengajak followers mereka untuk mengenal atau mengikuti keseharian mereka. Salah satunya dengan vlog.

Nah, dilihat dari jumlah pengikut. Influencer dibagi menjadi dua kelompok. Influencer mikro yaitu influencer yang memiliki setidaknya 100.000 follower. Sedangkan influencer makro adalah mereka yang punya jangkauan lebih luas dan jumlah follower lebih banyak dari yang mikro.

Para beauty influencer di Indonesia (radarbanyumas.disway.id)

2. Content Creator

Sama halnya dengan influencer yang bisa diartikan secara harfiah. Content Creator pun begitu. Kalau kalian terjemahkan ke bahasa Indonesia, content creator berarti seorang pembuat konten. 

Memang sih, keduanya sama-sama orang yang terkenal di media sosial. Cuma bedanya, influencer memanfaatkan ketenarannya untuk berkarya. Sedangkan content creator menciptakan karya agar ia bisa lebih dikenal orang. Jadi sekarang lebih jelas kan bedanya?

Influencer ngetop dulu baru bisa bikin sesuatu yang mempengaruhi orang. Kalau content kreator bikin sesuatu agar dirinya dan karyanya dikenal banyak orang.

Wajar sih kalau content creator itu juga disebut artist atau seniman. Karena pekerjaan mereka memang membuat karya yang bisa mengedukasi, menghibur, dan mempengaruhi banyak orang. Sudah gak bingung lagi kan gengs?

Salah satu Content Creator Indonesia, Bayu Skak (kincir.com)