3 Resep Kue Bawang Praktis dan Mudah yang Bisa Jadi Sajian Kue Lebaran Sekaligus Ide Jualan

Resep kue bawang yang bisa menjadi ide jualan sekaligus sajian untuk kue Lebaran.

Kue  bawang merupakan salah satu camilan yang jadi favorit banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat kue ini selalu bikin ketagihan untuk dinikmati. Cara membuatnya pun terbilang mudah.

Terlebih, bahan yang digunakan juga sederhana dan bisa dengan mudah ditemukan di rumah. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli kue bawang. Kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Kue bawang ini juga tidak memerlukan santan hanya perlu dicampur dan digoreng. Kue bawang ini juga cocok untuk dijadikan kue lebaran praktis sekaligus ide jualan. Berikut ini 3 resep kue bawang yang bisa kamu tiru di rumah!

1. Resep Kue Bawang

Bahan-Bahan:

- 500 gram Tepung Terigu Serbaguna

- 125 gram Tepung Maizena

- 200 ml Air Dingin

- 50 gram Margarin

- 1 butir Telur Ayam

- 1 batang Daun Bawang

- 2 batang Daun Seledri

- 2 sdt Garam

- 1 sdt Kaldu Bubuk

- 1/2 sdt Baking Powder

- Secukupnya Minyak Goreng

Bumbu Halus:

- 3 siung Bawang Putih

- 5 siung Bawang Merah

Cara Membuat Kue Bawang:

1. Mulanya, Iris tipis daun bawang dan seledri. Sebaiknya ambil bagian daunnya saja, batang dan bonggolnya yang putih tidak digunakan. Lalu, ayak tepung yang berisi campurkan terigu dan tapioka.

2. Masukkan margarin, baking powder, garam dan kaldu bubuk. Campur sampai merata. Kemudian, kocok telur dan tuang ke dalam adonan. Masukkan bumbu halus dan daun bawang. 

3. Lalu, tuang air. Uleni sampai adonan kalis dan tercampur rata. Jika sudah, gilas adonan setipis mungkin atau dengan ketipisan sesuai selera. Potong-potong dengan bentuk memanjang. 

4. Agar tidak lengket satu sama lain, kamu bisa menaburkan tepung terigu agar tidak lengket satu sama lain. Kemudian, panaskan minyak, goreng hingga matang dan krispi.

2. Resep Kue Bawang Keju

Resep Kue Bawang (Tokopedia)

Bahan-Bahan:

- 150 gram Tepung Terigu

- 50 gram Mentega

- 100 gram Keju Parut

- 2 siung Bawang Putih, haluskan

- 1 butir Telur

- 1/2 sdt Garam

- 1/2 sdt Merica

- Secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat Kue Bawang Keju:

1. Siapkan wadah lalu campur tepung terigu, mentega, keju parut, bawang putih, telur, garam dan merica. Aduk sampai menjadi adonan yang rata. Giling adonan setipis mungkin atau sesuai selera.

2. Lalu potong-potong adonan sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Panaskan minyak dalam wajan, goreng adonan hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat kemudian tiriskan.

3. Resep Kue Bawang Kentang

Resep Kue Bawang Keju (Kompas)

Bahan-Bahan:

- 250 gram Tepung Terigu

- 150 gram Kentang, kukus dan haluskan

- 100 gram Mentega, lelehkan

- 1 butir Telur

- 2 siung Bawang Putih, cincang halus

- 50 gram Bawang Bombay, cincang halus

- 1 sdt garam

- 1 sdt Merica Bubuk

- Secukupnya Minyak, untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Bawang Kentang:

1. Campurkan tepung terigu, kentang, mentega, telur, bawang putih, garam, merica bubuk dan bawang bombay dalam satu wadah. Kemudian aduk rata semua bahan hingga menjadi adonan kalis.

2. Giling adonan dan bentuk sesuai selera sampai semua adonan habis, biasanya berbentuk bulat pipih. Setelahnya, panaskan minyak dalam wajan, goreng kue bawang hingga kecokelatan.

3. Angkat dan tiriskan kue bawang kentang menggunakan tisu dapur. Kue bawang kentang pun siap untuk disantap ataupun disajikan untuk keluarga.

Resep Kue Bawang Kentang (Mommyasia)