5 Cara Agar Bau Tubuh Alamimu Lebih Enak, Bye Bye Bau Badan

5 Cara Agar Bau Tubuh Alamimu Lebih Enak, Bye Bye Bau Badan

Apakah aroma tubuhmu enak meski tanpa menggunakan cologne favorit? Aroma alami mencerminkan kebiasaan perawatan pribadi dan gaya hidupmu. Selain mandi secara teratur, menjaga pola makan yang tepat dapat membantu meningkatkan aroma tubuh dan mengurangi bau badan. 

Ini membantumu tetap segar bahkan ketika kamu berkeringat, terutama selama sesi olahraga yang intens atau hari yang panjang dalam perjalanan. Ingin wangi lebih enak dan memperbaiki aroma alami tubuhmu? Baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang harus dan tidak boleh kamu makan.

1. Mengurangi Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan bau badan. Rempah-rempah seperti cabai memiliki senyawa kimia capsaicin yang memicu saraf untuk membuat tubuh terasa lebih hangat, sehingga kamu berkeringat untuk menenangkan diri. Semakin banyak keringat yang dihasilkan, semakin tinggi pula risiko timbulnya bau badan, yang terjadi ketika keringat bersentuhan dengan bakteri di kulit.

2. Batasi Makan Daging

Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi jika kamu ingin menjaga aroma alamimu tetap enak, kamu harus berkorban. Pola makan yang tepat untuk meminimalkan bau badan mencakup lebih banyak buah dan sayuran serta lebih sedikit daging.

Sebuah jurnal oleh Oxford Academic mengungkapkan bahwa pria yang makan lebih sedikit daging cenderung memiliki bau keringat yang lebih sedikit dibandingkan pria yang makan banyak daging. Para peneliti meyakini bahwa asam lemak pada daging dapat menyebabkan bau badan jika dikeluarkan melalui pori-pori.

Makanan pedas ternyata bisa picu bau badan tak sedap (diarybunda.co.id)

3. Kurangi Asupan Alkohol 

Aroma tubuh di pagi hari setelah minum semalaman tentu tidak enak, dan aroma itu dapat bertahan lama jika kamu tidak mengurangi asupan alkohol. Saat kamu meminum tequila, tubuh memetabolismenya menjadi asetat atau asam asetat, zat pedas yang biasa ditemukan dalam cuka.

Sering minum alkohol meningkatkan konsentrasi asam asetat dalam keringat, memberikan bau seperti cuka yang kuat dan memperburuk bau badan.

4. Minum Banyak Air Putih

Minuman beralkohol dapat menimbulkan bau badan tidak sedap (via Peakwine)

Bukan rahasia lagi kalau air putih baik untuk tubuh. Saat dehidrasi, tubuh tidak dapat mengeluarkan racun melalui keringat, sehingga menjebaknya di dalam. Penumpukan bakteri menimbulkan bau tidak sedap, terutama di area ketiak dan selangkangan. Beberapa tanda dehidrasi antara lain buang air kecil berwarna gelap, rasa pusing, dan kelelahan.

Selain minum air putih, kamu juga bisa mengonsumsi teh bebas kafein, seperti kamomil dan pepermin, serta mengonsumsi makanan kaya air seperti mentimun, semangka, apel, persik, selada, dan seledri.

5. Makan Banyak Buah Jeruk

Minum banyak air putih bisa bantu keluarkan racun di tubuh melalui keringat (rs-jih.co.id)

Buah jeruk tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga sempurna untuk menghilangkan bau badan. Jeruk, grapefruit, lemon, dan nanas mengandung asam sitrat yang membantu mengeluarkan racun penyebab bau badan. Jika kamu terlalu kenyang untuk makan buah, masukkan beberapa irisan lemon ke dalam air minummu untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Terakhir, jangan abaikan kebersihan pribadi. Selain mandi setiap hari, gunakan deodoran atay bodyspray untuk mencegah bau badan. 

Itu tadi beberapa tips agar bau badan alamimu lebih enak. Jangan bikin orang lain ilfeel dekat-dekat kamu karena kamu badan ya!

Jeruk bisa bikin bau badan lebih segar (amanat.id)