6 Tips Menghemat Listrik di Rumah, Kasih Tahu Anggota Keluargamu

Beberapa tips menghemat listrik di rumah bisa kamu lakukan biar pengeluaran nggak membengkak.

Pusing karena biaya listrik di rumah mahal? Mungkin kamu dan anggota keluarga boros dalam pemakaian listrik. Tips menghemat listrik bisa banget dilakukan supaya pengeluaraan besar setiap bulannya. Tanpa disadari karena hal-hal sederhana kadang membuat biaya listrik jadi mahal. Berikut beberapa tipsnya.

Pilih Lampu

Memilih lampu merupakan hal penting dalam menghemat listrik. Gantilah lampu di rumah dengan lampu LED. Meskipun lampu LED harganya mahal namun lampu jenis ini dianggap tidak menghabiskan banyak listrik. Misalnya lampu LED 7 watt sama dengan lampu bohlam 60 watt.

Saat ini banyak lampu-lampu LED yang sudah bisa disetting penggunaannya berdasarkan pencahayaan. Misalnya ketika waktu pagi sampai sore hari lampu akan otomatis mati sementara ketika malam hari, lampu akan menyala dengan sendirinya tanpa harus dioperasikan.

Menyalakan Lampu Seperlunya

Setelah memilih lampu yang hemat listrik, kamu harus menyalakan lampu seperlunya. Nyalakan lampu apabila memang membutuhkan pencahayaan. Banyak orang yang tidak mematikan lampu karena lupa atau merasa listrik lampu tidak begitu besar. Padahal jika sering dinyalakan pasti biaya listrik akan mahal.

Lupa Mencabut Kabel Stop Kontak

Kebiasaan buruk tidak mencabut kabel stop kontak barang elektronik ternyata bisa membuat listrik semakin mahal. Mungkin dianggap meskipun barang elektronik tidak menyala bukan berarti kabel stop kontak tidak dicabut. Apabila barang tidak dipakai usahakan langsung mencabutnya.

Tidak Menyalakan AC Sepanjang Malam

Beberapa orang memilih tidak menyalakan AC di kamar sepanjang malam. Biasanya orang tersebut akan mematikan AC apabila ruangan sudah dingin sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Sebab menyalakan AC sepanjang mahal akan membuat daya listrik yang dipakai juga besar.

Tips Hemat Listik (Rukita)

Atur Ventilasi Ruangan

Mengatur ventilasi ruangan agar udara bisa masuk dari luar bisa jadi cara menghemat listrik. Paling tidak menyalakan AC atau kipas angin pada siang hari karena sudah mendapatkan udara dari luar. Misalnya membuka jendela atau membuka pintu. 

Mengajak Anggota Keluarga Hemat Listrik

Untuk menghemat listrik di rumah harus dilakukan seluruh anggota keluarga lainnya. Jangan sampai hemat listrik hanya dilakukan orangtua saja. Anak-anak bahkan asisten rumah tangga juga wajib melakukan hal tersebut. Jadi untuk menghemat listrik harus banyak aspek ya yang harus dilakukan.

Tips Hemat Listik (Kompas.com)