5 Makanan di Berbagai Negara yang Mirip Bakwan, Ada dari Amerika Serikat Sampai India

5 Makanan di berbagai negara yang dianggap kembaran bakwan, salah satunya Bhaji.

Bakwan merupakan salah satu jenis gorengan di Indonesia yang populer dan banyak disukai. Bakwan sendiri terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampurkan dengan aneka sayuran, seperti kol, wortel, tauge serta daun bawang.

Bakwan digoreng sampai bagian luarnya kering namun di dalamnya masih empuk. Umumnya, bakwan dinikmati dengan cabe rawit, saus sambal ataupun sambal kacang. Tapi tahukah kamu kalau bakwan punya kembaran di berbagai negara.

Ternyata, beberapa negara juga memiliki jenis goreng yang serupa dengan bakwan. Makanan itu juga dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan sayuran. Berikut ini 5 makanan di berbagai negara yang mirip bakwan.

1. Yachaejeon-Korea Selatan

Korea Selatan memiliki makanan bernama yachaejeon yang serupa seperti bakwan. Makanan ini berupa jeon atau pancake dengan isian sayuran. Campuran sayuran yang digunakan pun sangat mirip dengan bakwan seperti kol, tauge, wortel dan daun bawang.

Hanya saja cara menikmatinya yang cukup berbeda. Yachaejeon biasanya dinikmati dengan saus cocolan berupa campuran bawang putih, kecap asin, minyak wijen hingga cabai bubuk.Yachaejeon banyak dijual di pasar tradisional atau pusat street food.

2. Corn Fritters-Amerika Serikat

Yachaejeon (via Oryza Grace)

Rupanya, kembaran bakwa juga ada di Amerika Serikat yang dikenal dengan nama corn fritters. Kalau di Indonesia, corn fritters ini lebih mirip bakwan jagung, karena bahan dasarnya memang jagung. Tapi bahan untuk membuatnya yang berbeda.

Bakwan jagung terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi campuran jagung manis, daun bawang, wortel serta bumbu rempah. Sementara corn fritters dibuat menggunakan mentega, telur, tepung terigu yang kemudian diberi jagung.

3. Rosti-Swiss

Corn Fritters (via Taste)

Swiss juga punya goreng mirip bakwan yakni rosti. Sama seperti membuat bakwan, bahan yang digunakan untuk membuat rosti juga sederhana. Sayurannya terdiri atas kentang, lalu dibalut dengan adonan tepung terigu. 

Selain kentang, rosti juga bisa terbuat dari ubi atau zucchini. Bisa juga dilengkapi dengan sosis atau irisan daging. Namun untuk proses menggorengnya bukan menggunakan minyak goreng, melainkan mentega.

4. Bhaji-India

Rosti (via Corrie Cooks)

Gorengan asal India satu ini juga mirip dengan bakwan. Gorengan yang juga dikenal dengan nama pakora ini terbuat dari kol, kembang kol, bawang bombai hingga bayam. Bhaji biasanya dinikmati bersama cabe hijau. 

Namun selain itu, ada pula saus cocolan lain yang biasa digunakan untuk menikmati bhaji. Di mana, saus itu terbuat dari perasan air lemon, mint, saus tomat yang dicampur dengan bubuk cabe.

5. Kakiage-Jepang

Bhaji (via Tesco Real Food)

Jepang juga memiliki salah satu jenis goreng yang sangat mirip dengan bakwan. Goreng itu adalah kakiage. Tampilan kakiage ini benar-benar mirip bakwan, hanya saja lebih dominan sayurannya dibanding adonan tepung terigu. 

Kakiage juga terdiri atas campuran wortel, buncis, jagung dan bawang bombai. Banyak juga orang yang menggunakan campuran terong untuk kakiage. Kakiage ini enak dinikmati bersama saus dari kecap asin dan dashi.

Kakiage (via Kompas)