Mengenal Apa Itu Cantengan, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Mengenal Apa Itu Cantengan, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Cantengan adalah suatu kondisi umum di mana sudut atau sisi kuku kaki tumbuh menjadi daging yang lunak. Akibatnya, kulit akan meradang, jempol kaki akan terasa nyeri, bengkak, dan terkadang infeksi. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam biasanya mempengaruhi jempol kaki.

Untuk kasus ringan, biasanya kamu bisa merawat sendiri cantengan. Namun jika rasa sakitnya parah atau menyebar, kamu butuh bantuan tenaga medis seperti dokter atau perawat untuk menanganinya.

Tenaga medis biasanya akan mengambil tindakan untuk meringankan ketidaknyamananmu dan membantumu menghindari komplikasi kuku kaki yang tumbuh ke dalam.

Jika kamu menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan buruknya aliran darah ke kaki, kamu berisiko lebih besar mengalami komplikasi kuku kaki tumbuh ke dalam.

Penyebab Cantengan

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan cantengan:

1. Mengenakan sepatu yang memenuhi kuku kaki

2. Memotong kuku kaki terlalu pendek atau tidak lurus

3. Melukai kuku kaki

4. Memiliki kuku kaki yang sangat melengkung

5. Infeksi kuku

6. Kondisi medis tertentu

Kapan harus ke dokter?

Nia Ramadhani dibawa ke IGD RS karena cantengan (okezone.celebrity.com)

Kamu perlu membawanya ke dokter atau rumah sakit jika kamu:

1. Merasa tidak nyaman yang parah pada jari kaki. Ujung jempolmu mulai bernanah, atau kulitnya yang meradang yang sepertinya menyebar.

2. Menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah ke kaki buruk dan kakimuu.

3. Merasakan sakit luar biasa.

Pencegahan

Coba lakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu mencegah cantengan:

Contoh jempol kaki yang cantengan (wikipedia.com)

1. Potong kuku kaki Anda secara lurus. Jangan melengkungkan kuku agar sesuai dengan bentuk bagian depan jari kaki Anda. 

2. Jika Anda melakukan pedikur, mintalah orang yang melakukannya untuk memotong kuku Anda secara lurus. Jika Anda memiliki kondisi yang menyebabkan aliran darah ke kaki buruk dan Anda tidak dapat memotong kuku, temui ahli penyakit kaki secara rutin untuk memotong kuku Anda.

3. Jaga agar kuku kaki tetap panjang. Pangkas kuku kaki agar sejajar dengan ujung jari kaki Anda. Jika Anda memotong kuku kaki terlalu pendek, tekanan dari sepatu pada jari kaki dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam jaringan.

4. Kenakan sepatu yang pas. Sepatu yang memberikan terlalu banyak tekanan pada jari kaki atau menjepitnya dapat menyebabkan kuku tumbuh ke jaringan di sekitarnya. Jika kamu mengalami kerusakan saraf pada kaki, kamu mungkin tidak dapat merasakan apakah sepatumu terlalu ketat.

5. Kenakan alas kaki pelindung. Jika aktivitas membuatmu berisiko melukai jari kaki, kenakan alas kaki pelindung, seperti sepatu berujung baja.

6. Periksa kakimu. Jika kamu menderita diabetes, periksalah kakimu setiap hari untuk mencari tanda-tanda kuku kaki yang tumbuh ke dalam atau masalah kaki lainnya.

Cantengan di jempol tangan (yoona.id)