Studi Terbaru: Polusi Cahaya Harus Bertanggung Jawab Atas Berbagai Kasus Insomnia

Menurut studi terbaru, polusi cahaya harus bertanggung jawab atas berbagai kasus insomnia.

Gak bisa tidur malam? Insomnia kayaknya tuh. Dan itu jelas bukan pengalaman yang menyenangkan gengs. Ya gimana, itu cukup menyiksa, apalagi kalo kita udah capek beraktivitas seharian.

Secara umum, penyebab insomnia berpusat pada stres, cemas, atai kondisi tubuh yang memburuk. Tapi ternyata, ada penyebab lainnya. Apa itu? Cahaya.

Kok cahaya, apa salahnya?

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menyebut bahwa polusi cahaya punya pengaruh besar terhadap munculnya insomnia. Hmm ... polusi cahaya ya~

Insomnia merupakan gangguan tidur, dan ini yang bikin kita susah tidur. Paling nggak enak dari nggak bisa tidur di malam hari adalah bangun tidur pas lagi enak-enaknya terus gak bisa tidur lagi. Hih!

Polusi bikin kita insomnia (observer.com)

Lebih jauh, insomnia merupakan kondisi kronis yang bikin kita ngerasa KZL, depresi, cemas, dan pecah fokus. Duh, gak enak banget ituh.

Seoul National University baru aja ngumumin hasil penelitian terbarunya nih soal insomnia. Studi itu mengungkap kalo terlalu banyak paparan cahaya buatan di malam hari bisa menggangu ritme sirkadian kita gengs.

Ya jelas gak bisa tidur kalo beginih~ (indoorhavakalitesi.com)

Sumber cahaya apa pun, memungkinkan banget untuk bikin kita insomnia! Ya, cahaya apa aja selain matahari dan wajah pacar kalian pas awal bulan.

Penelitian itu mengambil data dari National Health Insurance Service-National Sample Cohort (NHIS-NSC) di Korea Selatan pada 2012-2013. Penelitiannya sendiri menganalisis lebih dari 50 ribu orang dewasa berusia 60 tahun ke atas. Sekitar 12 ribu di antaranya adalah mereka yang mengonsumsi obat tidur.

Peneliti kemudian mengukur paparan cahaya berdasarkan data satelit yang disediakan Pusat Nasional untuk Informasi Lingkungan. 

Hasilnya, penelitian itu menemukan bahwa cahaya buatan atau polusi cahaya harus bertanggung jawab atas berbagai kasus insomnia. Soalnya ya itu yang jadi penyebab utama kasus insomnia.

Tidur gih, udah pagi tuh (safebee.com)

"Polusi cahaya dapat berasal dari lampu jalan atau sumber cahaya tidak alami lainnya," kata Katie Golde, seorang ahli kesehatan, seperti dikutip dari Elite Daily. 

Di samping itu, cahaya dari layar gawai kalian juga sama. Mereka harus bertanggung jawab atas mata kalian yang tetap terang benderang di malam hari pada jam tidur manusia normal pada umumnya.

Main hape sebelum tidur juga ampuh memicu insomnia gengs~ (self.com)

Kalian jelas insomnia tuh. Tapi kalo kalian bisa memanfaatkan waktu dengan baik selagi insomnia, it's okay gengs! Kalo kata Bang Haji Rhoma Irama begadang gak ada artinya ... ya ada aja 'artinya'. Gak bisa tidur, bang.

Dah, tidur gih. Matiin hape kalian.