Diduga Beri Perlakuan Berbeda Ke NCT Dream Dan NCT 127, SM Entertainment Dihujat Pilih Kasih

SM Entertainment menuai cibiran karena dianggap pilih kasih antara NCT Dream dan NCT 127.

Secara keseluruhan, NCT  termasuk artis SM Entertainment yang meraih kesuksesan besar. Selama beberapa tahun terakhir, NCT mendatangkan banyak pendapatan bagi agensi hiburan yang dibangun oleh Lee Soo Man tersebut.

Masing-masing unit grupnya berhasil meraih kesuksesan dengan caranya tersendiri. Namun baik NCT 127 maupun NCT Dream sudah menghasilkan jutaan penjualan album dan membuat fans di seluruh dunia ingin datang ke konsernya.

Tapi belakangan fans menghujat sikap SM Entertainment lantaran dianggap memberikan perlakuan yang berbeda untuk NCT Dream dan NCT 127. Ini bermula saat SM mengumumkan tur dunia 2024 untuk masing-masing unit secara terpisah.

Setelah poster-poster itu dirilis, fans yang awalnya menyambut gembira berubah sikapnya dengan mengungkap rasa frustasi dan kekecewaan mereka. Ada beberapa faktor yang membuat para penggemar merasa marah.

Keluhan pertama mereka berkaitan dengan desain poster konser itu sendiri. Poster yang menunjukkan tanggal konser NCT Dream disebut memiliki desain unik yang tampaknya membutuhkan upaya kreatif untuk menghasilkannya.

Fans pun langsung membandingkan dengan poster konser NCT 127. Mereka menilai poster konser NCT 127 kurang menarik dan kurang kreatif. Di mana, poster NCT 127 dianggap biasa dengan dominasi warna hitam.

Selain itu, fans juga mempermasalahkan tanggal perhentian konser dari kedua unit itu. Meskipun pemberhentian konser NCT Dream belum diumumkan jelas, tapi setidaknya SM Entertainment sudah mencatumkan tanggal perkiraan.

Member NCT 127 - NCT Dream (Berbagai Sumber)

Seperti konser di Amerika Latin yang akan berlangsung pada bulan Agustus-September, disusul gelaran konser di Amerika Serikat pada bulan September dan dilanjutkan dengan konser di Eropa pada bulan Oktober-November. 

Sementara itu, dalam poster NCT 127, SM mengisyaratkan kalau akan ada lebih banyak konser lainnya. Sebab, agensi menuliskan kata 'dan lebih banyak lagi' di bagian akhir dalam poster tersebut. Ini menunjukkan kalau NCT 127 akan terus melanjutkan konsernya.

Beberapa NCTzen (sebutan fans NCT) menganggap ketidakjelasan ini mengecewakan, karena tidak ada indikasi ke mana lagi grup tersebut akan melakukan tur tahun ini. Mereka menduga pendaftaran wamil Taeyong ada hubungannya dengan ketidakpastian ini.

Poster Konser NCT Dream Dan NCT 127 (Berbagai Sumber)

Namun di sisi lain, fans juga mengungkapkan keprihatinan pada kesehatan dua member NCT yakni Mark dan Haechan, yang memang berada di kedua unit tersebut. Jadwal konser NCT Dream dan NCT 127 yang berdekatan membuat fans khawatir dengan kesehatan mereka.

"Mereka mengeluhkan hal ini, tapi yang sebenarnya mengkhawatirkan adalah Mark dan Haechan yang telah melakukan promosi tanpa henti dan akan terus melakukan promosi tanpa henti. Kini Mark dan Haechan juga akan menghabiskan satu tahun penuh untuk tur," komentar seorang fans.

"Aku adalah fans dari kedua unit, melihat keduanya dalam konser tapi jelas ada perbedaan dalam cara SM memperlakukan mereka. SM benar-benar pilih kasih. Kata 'dan lebih banyak lagi' di poster 127 benar-benar mengecewakan penggemar yang hampir tidak punya harapan untuk tur di masa depan," sahut fans NCT lainnya.

Taeyong-Mark-Haechan NCT (Berbagai Sumber)