Kenali 5 Cara Memilih Teman Agar Tidak Terjebak Dalam Toxic Friendship

Memiliki teman yang baik merupakan anugerah luar biasa, dan kesempatan ini tidak datang ke semua orang.

Memilih teman  yang baik adalah keputusan penting, karena lingkungan dan teman-temanmu adalah cerminan dan penggambaran dirimu bagi orang lain. Karena itu kamu harus mampu memilih bersama dengan orang-orang yang akan membawa dampak positif dalam kehidupanmu.

Pada akhirnya, memiliki teman yang baik merupakan anugerah yang luar biasa, dan kesempatan ini tidak datang ke semua orang. Nah, agar tidak salah dalam memilih teman, berikut ini beberapa panduan penting untuk membantu dalam memilih teman yang baik:

1. Pahami Nilai dan Prinsipnya

Memiliki teman yang memiliki nilai dan prinsip yang sejalan denganmu dalam hal kebaikan tentu akan menyenangkan. Ketika kamu memiliki kesamaan dalam hal ini, kamu cenderung memahami satu sama lain dengan lebih baik dan bisa mendukung satu sama lain secara lebih efektif.

2. Lihat Bagaimana Caranya Memperlakukan Orang Lain

Tips Memilih Teman yang Baik (via Blog Aksiamal)

Cara seseorang memperlakukan orang lain dapat memberikan gambaran tentang karakter dan kepribadian mereka. Amati bagaimana ‘calon teman’mu berinteraksi dengan orang lain, termasuk keluarga dan orang asing. Teman yang baik akan menunjukkan sikap yang ramah, empatik, dan menghormati orang lain tanpa memandang status atau latar belakang mereka.

3. Memiliki Kesetiaan dan Kepercayaan

Tips Memilih Teman yang Baik (via Halodoc)

Kesetiaan dan rasa percaya adalah dua elemen kunci dalam sebuah persahabatan yang kuat. Teman yang baik adalah mereka yang dapat kamu percayai untuk menjaga rahasia, dapat mendukungmu saat sulit, dan tetap sada di sisimu di saat-saat sulit. Kamu bisa menguji dengan memberikan kepercayaan dalam hal-hal kecil terlebih dahulu sebelum memberikan kepercayaan yang lebih besar.

4. Mampu Jujur dan Terbuka

Tips Memilih Teman yang Baik (via Beauty Journal)

Kriteria lain dari teman yang baik adalah jika mampu jujur dan terbuka. Mereka tidak hanya akan memberitahumu apa yang ingin kamu dengar, tetapi juga apa yang perlu kamu dengar, bahkan jika itu sulit untuk didengar. Teman yang baik tidak akan membiarkanmu hidup dalam ilusi yang salah, tapi justru akan menyadarkanmu untuk kembali pada realita yang benar.

5. Mendorongmu pada Kebaikan

Tips Memilih Teman yang Baik (via Hipwee)

Teman yang baik adalah mereka yang mendorongmu untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Mereka memberikan dukungan dan dorongan yang positif untuk mencapai tujuanmu, dan tidak menghalangi atau mengecilkan ambisi dan impianmu.

Memilih teman yang baik adalah langkah penting dalam perjalanan hidupmu. Tidak masalah jika kamu hanya memiliki sedikit teman  dekat, namun memiliki kualitas sebagai teman yang baik. Bersama orang yang tepat, kamu bisa membangun hubungan persahabatan yang kuat untuk tumbuh dan berkembang sebagai individu.

Tips Memilih Teman yang Baik (via Kapanlagi Plus)