Jangan Disepelekan, Ini Alasan Kamu Harus Bersahabat dengan Diri Sendiri

Banyak orang yang mau menjalin persahabat dengan orang lain, tetapi mereka tidak tahu alasan untuk bersahabat dengan diri sendiri.

Sebagai makhluk sosial , setiap orang tentu membutuhkan teman dalam hidupnya. Namun sayangnya, banyak orang yang mau menjalin persahabat dengan orang lain, tetapi mereka tidak tahu alasan untuk bersahabat dengan diri sendiri.

Padahal, bersahabat dengan diri sendiri adalah hal penting dalam hidup. Semakin tua seseorang, maka aktivitas pertemanan akan semakin terbatas dan berkurang. Hal itu menandakan bahwa semakin bertambahnya umur, maka harusnya kita bisa menikmati setiap momen meski hanya sendirian. Buat kamu yang masih bingung kenapa kita harus bersahabat dengan dirinya, yuk simak alasannya berikut ini.

1. Meminimalisir Ketergantungan dengan Orang Lain

Bisa bersahabat dengan diri sendiri artinya kamu tidak akan bergantung dengan orang lain. Kamu tidak perlu menunggu orang lain untuk bisa bahagia. Meski sendirian, kamu tetap bisa menikmati momen yang ada dan merasakan kebahagiaan setiap detiknya.

Ketika seseorang memiliki rasa kasih sayang dan penghargaan terhadap dirinya sendiri, ia lebih mampu menghadapi ketakutan dan kecemasan dengan lebih tenang dan yakin. Ini membantu mengurangi reaksi berlebihan terhadap situasi yang menantang atau menakutkan.

2. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Bersahabat dengan Diri Sendiri (via Rukita)

Banyak orang yang tidak betul-betul mengenal dirinya sendiri. Karena itu, bersahabat dengan diri sendiri akan membuat kamu lebih mengenal tentang dirimu sendiri. Tentang apa yang kamu inginkan dan kamu butuhkan dalam hidup. Selain itu, dengan mengenal diri sendiri, maka kamu akan menjadi lebih tangguh dalam menghadapi rintangan yang menghadang dalam hidup.

3. Bahagia Datang dari Diri Sendiri

Bersahabat dengan Diri Sendiri (via Hipwee)

Bersahabat dengan diri sendiri akan membuatmu sadar bahwa kebahagiaan diciptakan oleh diri kita sendiri. Orang lain tidak bisa memengaruhi kebagaian dalam diri kita. Kita sendirilah yang memutuskan mau bahagia atau tidak dalam sebuah situasi. Meski situasinya penuh dengan gemerlap cahaya dan musik membahana, tetapi kalau kamu memutuskan untuk tidak bahagia dengan itu semua, maka kamu tidak akan merasa bahagia.

4. Memicu Perubahan Positif

Bersahabat dengan Diri Sendiri (via IDN Times)

Self-love bukan tentang menjadi egois atau puas dengan diri sendiri, tetapi tentang merawat diri sendiri dengan baik. Dengan mencintai diri sendiri, seseorang lebih mungkin termotivasi untuk melakukan perubahan positif dalam hidupnya, seperti merawat kesehatan fisik dan emosional, mengejar impian, dan mengembangkan potensi pribadi.

Orang yang mencintai diri sendiri cenderung lebih memperhatikan kesehatan fisik mereka, termasuk pola makan sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Ini dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Sekarang sudah tahu kan alasan kamu harus bersahabat dengan diri sendiri? Stop menggantungkan diri pada orang lain, karena hal tersebut adalah cara terbaik untuk membuatmu kecewa. Ingat bahwa self-loveĀ  bukan berarti egois.

Bersahabat dengan Diri Sendiri (via Antaranews)