Kandungan Nutrisi Buah Nanas dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin

Kandungan Nutrisi Buah Nanas dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin

Nanas mengandung nutrisi dan senyawa bermanfaat, seperti vitamin C, vitamin B6, folat, potasium, magnesium, seng, kalsium, mangan, dan enzim untuk membantu melancarkan pencernaan. Makan nanas dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan waktu pemulihan setelah operasi.

Nanas (Ananas comosus) merupakan buah tropis. Mengandung nutrisi, antioksidan, dan senyawa lain, seperti enzim yang dapat melindungi dari peradangan dan penyakit. Nanas bisa dimakan dengan cara dipanggang, dibakar, atau apa adanya.

Nanas dan senyawanya dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk perbaikan pencernaan, kekebalan, dan pemulihan setelah operasi.

Berikut manfaat nanas bagi kesehatan:

1. Mengandung antioksidan

Nanas tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan – molekul yang membantu tubuh menangkal stres oksidatif.

Stres oksidatif disebabkan oleh banyaknya radikal bebas, molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel yang sering dikaitkan dengan peradangan kronis, melemahnya kesehatan kekebalan tubuh, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Nanas potong (detik.com)

2. Dapat membantu melancarkan pencernaan

Kamu akan sering menemukan nanas disajikan bersama daging dan unggas di negara-negara seperti Brasil.

Buah ini mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain yang dapat memperlancar pencernaan daging.

Bromelain memecah molekul protein, artinya usus kecilmu akan lebih mudah menyerapnya.

3. Dapat mengurangi risiko kanker

Nanas panggang (grid.id)

Kanker merupakan penyakit kronik yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya umumnya dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian mencatat bahwa nanas dan senyawanya, termasuk bromelain, dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu mengobati kanker yang sudah berkembang.

4. Dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan

Nanas telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Mereka mengandung berbagai vitamin, mineral, dan enzim, seperti bromelain, yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan.

5. Dapat meringankan gejala radang sendi

Sifat anti-inflamasi Bromelain dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi. Satu studi menemukan suplemen bromelain sama efektifnya dalam meredakan osteoartritis di punggung bawah seperti pengobatan nyeri biasa.

Itu tadi berbagai kandungan nutrisi nanas dan manfaatnya untuk kesehatan. Ayo, rutin makan nanas!

Sate daging dan nanas (guiltykitchen.com)