Mengenal Beauty Anxiety, Rasa Cemas yang Sering Menyerang Perempuan

Para perempuan biasanya mengalami beauty anxiety, dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda pula. Apa kamu tahu apa itu beauty anxiety?

Standar kecantikan  yang selalu menitikberatkan pada penampilan tanpa sadar dapat menimbulkan beauty anxiety bagi sebagian perempuan. Pasalnya, mereka merasa bahwa penampilan yang mereka miliki masih jauh di bawah standar yang sempurna.  Hal inilah yang kemudian membuat para perempuan merasa cemas dan takut ditolak, karena penampilannya tidak memenuhi standar kecantikan yang ada. 

Parahnya, fenomena beauty anxiety ini rupanya sudah mulai mengakar pada generasi muda saat ini. Semakin banyak yang terjangkit, maka semakin tinggi pula tingkat kecemasan yang muncul sehingga bisa berdampak pada masyarakat secara umum. Sebenarnya apa itu beauty anxiety? Bagaimana pula cara menghadapinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Beauty Anxiety?

Beauty anxiety merupakan bentuk kecemasan yang timbul karena adanya tekanan sosial dan budaya dalam memenuhi standar kecantikan. Alhasil, para perempuan yang merasakan kecemasan ini merasa takut ditolak oleh lingkungan karena penampilan mereka tidak sesuai dengan standa kecantikan yang ada. 

Beauty anxiety dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari perasaan tidak percaya diri terhadap penampilan fisik, selalu membandingkan diri dengan orang lain, dan juga kekhawatiran tentang penilaian orang lain terhadap penampilan.

Faktor Penyebab Beauty Anxiety

Unik Beauty Anxiety (via Dao Insights)

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami beauty anxiety. Pertama, beauty anxiety bisa timbul karena adanya media sosial atau tekanan sosial yang terus menampakkan citra tubuh yang ideal. Hal inilah yang kemudian membuat perempuan jadi membandingkan dirinya dengan unggahan dan berbagai standar kecantikan yang dianggap sempurna.

Selanjutnya, beauty anxiety juga bisa muncul karena adanya produk kecantikan yang menjanjikan peningkatan penampilan. Promosi seperti itu, bisa membuat seseorang yang sudah tidak percaya diri dengan penampilannya menjadi merasa harus terus memperbaiki penampilan. 

Tidak hanya itu, beauty anxiety juga bisa muncul karena pengalaman traumatis di masa kecil, seperti menjadi sasaran ejekan teman atau perundungan. Pengalaman buruk inilah yang kemudian membuat seseorang merasa terikat dengan standar kecantikan yang disepakati oleh masyarakat.

Dampak Buruk Beauty Anxiety

Unik Beauty Anxiety (via Main Line Today)

Mungkin sebagian orang melihat beauty anxiety ini hanyalah masalah tentang percaya diri yang kurang, padahal hal ini lebih dari itu. Beauty anxiety yang dibiarkan berlanjut dapat menimbulkan sejumlah dampak buruk, seperti gangguan makan, depresi, kecemasan sosial, dan juga perasaan tidak puas berlebihan dengan penampilannya saat ini.

Cara Mengatasi Beauty Anxiety

Unik Beauty Anxiety (via Redbook)

Meski sulit, tetapi beauty anxiety sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara, yakni berpikir kritis terhadap standar kecantikan ideal. Kita harus paham bahwa tidak ada standar kecantikan yang mutlak di dunia ini.

Selanjutnya kamu juga harus mau merawat diri, dengan cara berolahraga, mengonsumsi makanan seimbang, dan juga memenuhi kebutuhan istirahat. Cara tersebut dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kamu juga bisa mengalihkan fokus yang ada. Jika kamu terus fokus pada standar kecantikan yang tidak jelas, kamu bisa menjadi stres jika tidak mampu memenuhinya. Sebaiknya fokus pada bakat dan prestasi, karena hal tersebut patut disyukuri. Terakhir, jangan ragu untuk meminta dukungan sosial dari teman, keluarga, atau bahkan seorang profesional. Karena kecemasan dapat hilang jika kamu mendapatkan support system yang mencukupi.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang beauty anxiety. Mulai sekarang, jangan terlalu memikirkan standar kecantikan  yang membuat kamu merasakan beauty anxiety. Ingat, setiap perempuan itu cantik dengan caranya masing-masing. Tidak ada yang memahami dirimu sendiri dan bisa membanggakan dirimu selain kamu sendiri.

Beauty Anxiety (via Beautynesia)