4 Perempuan dengan IQ Tertinggi dalam Sejarah, Siapa Saja?

Kamu perlu tahu beberapa perempuan menginspirasi karena memiliki IQ tertinggi sepanjang sejarah. Siapa saja ya?

Banyak yang beranggapan bahwa pria memiliki tingkat kecerdasan  lebih tinggi daripada perempuan. Namun, sejumlah perempuan dengan IQ teringgi dalam sejarah ini berhasil membuktikan kalau anggapan tersebut keliru. 

Perempuan-perempuan ber-IQ tinggi ini tidak hanya pintar, tetapi mereka juga telah melakukan banyak pencapaian dan memberikan kontribusi bagi umat manusia. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari laman wonderslist.com.

1. Edith Stern (IQ 200)

Di urutan pertama, ada Edith Stern yang memiliki skor IQ 200. Edith merupakan seorang anak jenius yang sudah bisa berhitung saat usianya menginjak satu tahun. Tidak hanya itu, pada usianya yang belum genap satu tahun dia bahkan sudah bisa berbicara dalam kalimat lengkap. Tidak berhenti sampai disitu, jika rata-rata orang mendapatkan gelar S1 di usia 21 tahun, Edith sudah mendapatkan gelar tersebut sebelum berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 128 US patents atas namanya.

2. Hypatia (IQ 190+)

Perempuan dengan IQ Tertinggi (via ASME Video)

Selanjutnya ada Hypatia yang memiliki skor IQ 190+. Hypatia banyak menemukan instrumen ilmiah seperti astrolab dan hidrometer. Perempuan yang lahir pada 351-370 Masehi ini merupakan putri dari Heon of Alexandria, seorang ahli matematika dan filsuf Yunani yang berasal dari kota Iskandariyah, Mesir Romawi.

3. Marilyn vos Savant (IQ 190)

Perempuan dengan IQ Tertinggi (via Medium)

Hampir sama seperti Hypatia, Marilyn vos Savant juga memiliki skor IQ 190. Marilyn merupakan sekorang kolumnis dan penulis majalah yang populer karena kecerdasannya. Bahkan karena IQ nya yang tinggi, nama Marilyn pernah muncul di Guinness Book of World Records.

4. Marie Curie (IQ 185)

Perempuan dengan IQ Tertinggi (via BBC News Gahuza)

Terakhir, ada Marie Curie yang merupakan seorang kimiawan dan fisikawan berdarah Prancis-Polandia. Marie memiliki skor IQ yang cukup tinggi, yakni 185. Dengan tingginya skor IQ tersebut, Marie memiliki peran yang besar dalam membantu membentuk dunia modern. Pada tahun 1903, dia sempat mendapatkan hadiah Nobel untuk fisika dan tahun 1911 untuk kimia.

Jadi nggak cuma tokoh dunia pria ya yang cerdas dan pintar, tetapi perempuan dengan IQ tertinggi dalam sejarah yang disebutkan tadi sudah membuktikan bahwa perempuan juga cerdas  dan bisa memberikan kontribusi untuk dunia.

Perempuan dengan IQ Tertinggi (via Kompas.com)