Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Hendak Mengakhiri Hubungan dengan Pacar

Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Hendak Mengakhiri Hubungan dengan Pacar

Pada awalnya jatuh cinta dan hubungan percintaan memang mengasyikkan. Kamu tak sabar untuk bertemu dengan pacarmu dan merindukannya setiap hari. Rasanya luar biasa mengetahui bahwa dia merasakan hal yang sama. Kebahagiaan dan kegembiraan dari hubungan baru memang dapat mengalahkan segalanya.

Sayangnya, tidak ada yang tetap baru selamanya. Hal-hal berubah saat pasangan saling mengenal lebih baik. Beberapa orang menetap dalam hubungan yang nyaman dan dekat. Sementara, pasangan lain berpisah. Termasuk kamu, saat ini.

Saat ini, kamu mungkin sudah tak lagi menikmati kebersamaan. Atau, kamu mungkin telah punya perasaan baru untuk orang lain. Atau mungkin juga, kamu menyadari bahwa kamu tidak tertarik untuk menjalin hubungan yang serius saat ini.

Kalau saat ini kamu sedang dalam posisi yang sulit dalam hubunganmu, dan ingin segera mengakhirinya. Tak usah galau, berikut ini beberapa panduan yang perlu kamu lakukan dan tidak boleh kamu lakukan ketika mengakhiri hubungan percintaan.

Yang Perlu Dilakukan (DO) Ketika Mengakhiri Hubungan Percintaan 

Tidak ada pendekatan yang sama untuk memutuskan hubungan dengan seseorang. Tapi kamu bisa mencoba melakukan beberapa hal di bawah ini, ketika ingin mengakhiri hubungan dengan pacarmu.

1. Pikirkan apa alasan kenapa kamu ingin putus. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan perasaan dan alasan keputusanmu. 

2. Jujur pada diri sendiri. Bahkan jika orang lain mungkin terluka oleh keputusanmu, tidak apa-apa untuk melakukan apa yang benar untukmu. Kamu hanya perlu melakukannya dengan cara yang sensitif.

3. Pikirkan tentang apa yang akan kamu katakan dan bagaimana reaksi orang lain. Apakah pacarmu akan terkejut? Sedih? Gila? Menyakiti? Atau malah lega? 

4. Pikirkan sudut pandang dan perasaan orang lain dapat membantumu jadi sensitif. Ini juga membantu dapat membantumu mempersiapkan diri.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan (powerofpositivity.com)

5. Memiliki niat baik. Biarkan dia tahu bahwa dia penting bagimu. Pikirkan tentang kualitas yang ingin kamu tunjukkan padanya meski kalian harus putus— seperti kejujuran, kebaikan, kepekaan, rasa hormat, dan perhatian.

6. Jujurlah, tetapi tidak brutal. Beri tahu orang dia hal-hal yang membuatmu tertarik pada awalnya, dan apa yang kamu sukai darinya. Lalu katakan mengapa kamu ingin putus.

7. Katakan secara pribadi. Kamu telah banyak berbagi satu sama lain. Hargai itu (dan tunjukkan kualitas baikmu) dengan putus secara langsung. Jika kamu tinggal jauh, cobalah untuk melakukan obrolan video atau setidaknya menelepon. 

Yang Tidak Boleh (Don't) Saat Memutuskan Hubungan Percintaan

Berbicara dengan jujur tapi tidak brutal saat memutuskan hubungan percintaan (weeandgood.com)

Berikut ini yang tak boleh kamu lakukan saat memutuskan hubungan dengan seseorang.

1. Jangan menghindarinya atau menghindari percakapan yang perlu kamu lakukan.

2. Jangan terburu-buru dalam berbicara karena kamu bisa jadi akan mengatakan hal-hal yang akan kamu sesali.

3. Jangan berbicara atau bersikap kasar. Bicaralah dengan calon mantanmu dengan hormat. 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat memutuskan hubunganmu dengan doi. Meskipun berat dan menyakitkan, kamu perlu melakukannya dengan sebaik mungkin agar perpisahan ini jadi perpisahan yang bisa dikenang.

Putus secara tatap muka lebih baik dari lewat pesan singkat atau telepon (cbc.ca)