4 Rekomendasi Tempat Wisata Imlek yang Populer di Indonesia

Liburan akan menjadi lebih berkesan kalau diisi dengan kunjungan ke tempat wisata imlek yang ada di Indonesia bersama keluarga. Mana saja?

Beberapa hari lagi, masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru China atau bisa juga disebut Imlek. Tentunya saat libur Imlek berlangsung akan menjadi lebih berkesan kalau liburan tersebut diisi dengan mengunjungi tempat wisata imlek yang ada di Indonesia bersama keluarga.

Kalau kamu belum punya rencana mau ke mana saat libur Imlek, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat Imlek bersama keluarga. Apa saja ya?

1. Selat Panjang, Riau

Buat kamu yang ada di Riau, kamu bisa berkunjung ke Selat Panjang yang berlokasi di Kabupaten Meranti, Riau. Kota ini disebut sangat kental dengan kebudayaan Tionghoa. Sehingga berada di sini serasa seperti sedang berada di China, terlebih saat Imlek.

Seluruh kota akan dihiasi warna-warna khas Imlek. Di Selat Panjang setiap Imlek terdapat tradisi perang air. Tradisi perang air ini disebut juga dengan Cian Cui, para warga akan berkeliling dengan becak motor dan menembakkan air pada orang di sekitarnya dengan pistol air.

2. Kuil Pulau Kemaro, Palembang

Tempat Wisata Imlek (via RedDoorz)

Rekomendasi kedua ada Kuil Pulau Kemaro yang berada di Pulau Kemaro, Palembang. Kuil bernama Klenteng Hok Tjing Rio ini berada di delta Sungai Musi. Jadi selain bisa mengujungi kuil, kamu juga bisa menikmati pemandangan Sungai Musi yang indah.

Jadi lengkap kan? Kamu dapat berwisata spritual sekaligus menyejukkan mata dengan pemandangan dari Sungai Musi.

3. Petak Sembilan, Jakarta

Tempat Wisata Imlek (via Atourin)

Buat kamu yang tinggal di Jakarta, kamu juga bisa mengujungi wisata Imlek Petak Sembilan lho. Saat Imlek, tempat ini selalu ramai dikunjungi orang-orang yang ingin sembahyang.

Di sekitar Petak Sembilan tersedia berbagai macam kuliner lezat. Jadi setelah sembahyang di daerah Jakarta, jangan langsung pulang, ya! Kamu wajib banget berwisata kuliner di sekitar Petak Sembilan bersama keluarga. Makanannya dijamin enak deh!

4. Singkawang, Kalimantan Barat

Tempat Wisata Imlek (via Medcom.id)

Perayaan Imlek di Singkawang ditandai dengan berbagai kegiatan budaya, termasuk pawai budaya, pertunjukan barongsai, liong, dan naga, serta berbagai pertunjukan seni tradisional. Selain itu, pasar malam dengan beragam jajanan dan hiburan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Salah satu ciri khas perayaan Imlek di Singkawang adalah "Cap Go Meh", yang merupakan hari terakhir perayaan Imlek. Pada hari ini, masyarakat Tionghoa di Singkawang mengadakan berbagai ritual dan upacara, termasuk pemujaan di klenteng-klenteng dan prosesi pelepasan lampion air di sungai.

Itulah tadi beberapa tempat wisata Imlek yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Jadi libur Imlek jangan cuma di rumah saja, ya! Berjalan-jalanlah dengan keluargamu dan buat kenangan indah baru dengan mereka.

Tempat Wisata Imlek (via Info Publik)