Cara Mengecek Kamera Tersembunyi dalam Kamar Hotel yang Wajib Kamu Tahu

Sebelum beristirahat, kamu perlu mengecek kamera tersembunyi yang ada di kamar hotel untuk memastikan keamanan. Bagaimana caranya?

Kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di kamar hotel. Karena itu, setelah check-in kamar hotel sebaiknya kamu jangan langsung rebahan. Coba praktikkan sejumlah cara mengecek kamera tersembunyi dalam kamar hotel yang biasanya dipasang orang tidak bertanggung jawab untuk tujuan yang tidak baik.

Meski banyak hotel yang menawarkan keamanan maksimal, tentu tidak ada salahnya tetap waspada dan mengecek setiap sudut kamar agar kamu bisa beristirahat dengan aman dan nyaman, tanpa takut privasi kamu terganggu selama berada di dalam kamar hotel. Kalau kamu dalam waktu dekat berencana menginap di hotel, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek ada atau tidaknya kamera tersembunyi dalam kamar hotel yang kamu tinggali. Simak baik-baik!

1. Cek Jaringan Wi-Fi

Perlu diketahui, biasanya kamera tersembunyi terhubung dengan jaringan Wi-Fi lokal agar bisa dilihat dari jarak jauh. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi scan Wi-Fi seperti Fing atau Wireshark untuk mengindentifikasi keberadaan kamera tersembunyi yang dalam jaringan.

Cara Mengecek Kamera Tersembunyi (via Bhinneka)

2. Cek Kamar dengan Teliti

Selain mengecek jaringan Wifi kamu juga wajib mengecek secera detail setiap bagian kamar. Namanya juga kamera tersembunyi, pasti diletakkan di tempat-tempat yang tidak disangka-sangka. Bisa saja, kamera tersebut diletakkan di bola lampu, lubang intip, detektor asap, atau sekrup.

Kamera tersembunyi juga bisa ditaruh di tempat-tempat seperti tirai, pintu, lemari, kamar mandi atau bahkan di dudukan toilet. Maka dari itu, sisir seluruh bagian kamar hingga ke tempat paling tersembunyi sekalipun.

Cara Mengecek Kamera Tersembunyi (via kumparan)

3. Gunakan Kamera Ponsel

Kamera ponsel nggak cuma berfungsi untuk berswafoto saja. Lensa kamera ponsel juga bisa mendeteksi cahaya infrared yang dipancarkan kamera. Cahaya ini mungkin tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi bisa kamu lihat melalui kamera ponsel.

Caranya, pastikan ruangan kamar benar-benar gelap dan terhindar dari segala sumber cahaya. Kemudian aktifkan kamera ponsel dan arahkan ke tempat-tempat yang mencurigakan seperti jam, vas bunga, rak buku, cermin, wastafel, dan benda atau tempat lain. Jika kamu melihat ada cahaya infrared berkedit maka periksa tempat tersebut. Mungkin saja ditempat tersebut terdapat kamera tersembunyi.

Itulah cara mengecek kamera tersembunyi di dalam kamar hotel. Pastikan kamu melakukan beberapa cara tadi agar memastikan keamananmu benar-benar terjamin. Selamat beristirahat dan selalu waspada ya!

Cara Mengecek Kamera Tersembunyi (via ERA.ID)