Profil Sosok Tom Lembong yang Kembali Disebut-Sebut Gibran dalam Debat Cawapres

Profil Sosok Tom Lembong yang Kembali Disebut-Sebut Gibran dalam Debat Cawapres

Nama Tom Lembong sempat disebut-sebut Gibran Rakabuming Raka dalam debat calon wakil presiden (Cawapres).  Awalnya, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar memberikan pertanyaan kepada Gibran terkait kawasan bioregional saat debat pada Minggu (21/1) malam.

Namun jawaban Gibran dianggap tak menjawab pertanyaan Muhaimin. Gibran kemudian menanggapi ketidakpuasan Muhaimin dengan menyindir bahwa Muhaimin tidak paham dengan pertanyaannya sendiri karena pertanyaannya dibuat oleh Tom Lembong

"Itu kan tadi sudah saya jawab Gus. Mungkin Gus Muhaimin juga tak paham dengan pertanyaan yang diberikan ke saya, mungkin itu kan dapat contekan dari Pak Tom Lembong," ujar Gibran

Diketahui, Tom Lembong merupakan mantan Menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat ini, Tom Lembong merupakan wakil ketua Tim Nasional (Timnas) Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Debat Cawapres Minggu (21/1) malam (tirto.id)

# Profil Tom Lembong

Pria yang memiliki nama lengkap Thomas Trikasih Lembong memulai kariernya pada tahun 1995 Divis Ekuitas Morgan Stanley (Singapore) Pte.Ltd. Kemudian menjadi bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia dari tahun 1999 hingga 2000.

Pada tahun 2000 hingga 2002, Tom Lembong menjabat sebagai kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Lalu bekerja Farindo Investments dari tahun 2002-2005.

Tom Lembong juga adalah salah satu pendiri, Chief Executive Officer, dan Managing Partner di Quvat Management Pte. Ltd, sebuah dana ekuitas swasta yang didirikan pada tahun 2006. Ia juga pernah menjabat sebagai presiden komisaris PT Graha Layar Prima Tbk (BlitzMegaplex) dari tahun 2012-2014.

Gibran dan Muhaimin saat debat soal bioregional (nu.or.id)

Tom terjun ke dunia politik pertama kali pada tahun 2013 sebagai penasihat ekonomi Gubernur DKI Jakarta kala itu, Joko Widodo. Kemudian menjadi penulis pidato untuk Jokowi mulai saat menjabat sebagai gubernur sampai pada masa jabatan pertama sebagai presiden sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Perjalanan karier Tom Lembong cukup panjang hingga akhirnya terjun ke dunia pemerintahan. Pada bulan Agustus 2025, ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia sampai Juli 2016.

Setelah itu, Tom Lembong menjabat sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia sejak Juli 2016 hingga Oktober 2019. Dan terakhir ia menjadi Komisaris Utama PT Jaya Ancol mulai tahun 2021-2023.

Profil Tom Lembong (cnbcindonesia.com)