Basmi Ketombe Hingga Kutu, Ini 3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Ternyata ada berbagai manfaat minyak zaitun untuk rambut, mulai dari membasmi ketombe hingga kutu. Apa saja manfaatnya?

Sudah menjadi rahasia umum kalau manfaat minyak zaitun untuk rambut memang begitu banyak. Bahkan, minyak ajaib satu ini konon disebut bisa basmi kutu rambut yang membandel, lho. Benarkah demikian?

Minyak zaitun memiliki kandungan utama berupa squalene dan asam oleat yang dapat membuat rambut menjadi lebih lembap dan mengatasi rambut kering. Tidak hanya itu, vitamin E di dalam minyak zaitu juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk ketahui lebih lanjut tentang manfaat minyak zaitun untuk rambut berikut ini.

1. Mengurangi Ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk rambut yang pertama adalah mampu membantu mengurangi ketombe yang membandel. Ketombe umumnya disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu kering dan membuat sel kulit kepala mudah terkelupas. Untuk itu, pemakaian minyak zaitun sangat diperlukan. Kandungan asam lemak dan vitamin E di dalamnya dapat membantu melembapkan kulit, sehingga dapat membantu berkurangnya ketombe.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut (via Garnier)

2. Menjadikan Rambut Lebih Berkilau

Selanjutnya, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menambah kilau rambut dan juga memberikan kelembapan pada rambut yang kusam. Asam oleat dalam minyak zaitun yang diserah oleh tiap helai rambut, menjadikannya semakin lembap dan tampak makin berkilau dari hari ke hari. Namun, untuk kamu yang memiliki rambut tipis, sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun. Sebab, pemakaian minyak zaitun pada rambut tipis hanya akan membuatnya tampak lepek.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut (via BP Guide)

3. Membasmi Kutu Rambut

Kutu rambut adalah salah satu masalah yang tidak bisa dianggap remeh. Selain mengganggu, kutu rambut yang dibiarkan berkembang biak hanya akan merusak pertumbuhan rambut. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk membasmi kutu rambut yang bandel. Kosentrasi minyak yang kental pada minyak zaitun disebut dapat membuat kutu mati dan mencegahnya berkembang biak.

Demikian manfaat minyak zaitun untuk rambut yang wajib kamu tahu, terutama untuk kamu yang memiliki masalah rambut seperti ketombe, rambut kering, dan kutu rambut. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut (via Alodokter)