Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Miss V

Ada berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan bau tak sedap dari area kewanitaan. Bagaimana caranya?

Mengetahui cara menghilangkan bau vagina yang tidak sedap bisa menjadi hal utama yang harus dilakukan perempuan untuk menjaga kesehatan alami miss V. Kamu mungkin merasa khawatir atau tidak nyaman saat vaginamu mengeluarkan bau tidak sedap.

Namun penting untuk diingat, bahwa dengan kebiasaan yang baik, kebersihan dan perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi masalah ini dengan efektif. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada vagina:

1. Membersihkan dengan Benar dan Teratur

Cara pertama untuk menghilangkan bau vagina adalah dengan membersihkannya secara teratur. Gunakan air bersih saat mandi dan hindari penggunaan sabun atau produk pembersih yang mengandung pewangi atau bahan kimia yang keras di area vagina. Sabun dengan pH seimbang khusus untuk daerah intim bisa membantu menjaga kebersihan tanpa mengganggu keseimbangan pH alami.

2. Ganti Pakaian Dalam secara Teratur

Cara Menghilangkan Bau Vagina (via Okezone Health)

Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dengan baik, seperti katun. Lalu, jangan lupa selalu mengganti pakaian dalam setiap hari dan setelah berolahraga untuk menjaga kebersihan area intim.

3. Hindari Douche dan Produk Pewangi

Cara Menghilangkan Bau Vagina (via Nakita.ID)

Membersihkan vagina dengan cara menyemprotkan air atau cairan khusus ke dalamnya tidak dianjurkan karena bisa mengganggu flora bakteri sehat dan menyebabkan masalah. Produk seperti semprotan wangi atau bedak pada area vagina juga bisa mengganggu keseimbangan pH dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Hindari juga menggunakan pembalut dengan bau yang mencolok.

4. Tetap Terhidrasi

Cara Menghilangkan Bau Vagina (via Shutterstock)

Dehidrasi dapat memicu aroma vagina menjadi kuat. Karena itu kamu harus tetap terhidrasi untuk menghilangkan bau di area kewanitaan. Kamu wajib konsumsi minimal 8 gelas air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

5. Perhatikan Pola Makan

Cara Menghilangkan Bau Vagina (via Halodoc)

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan hindari makanan yang bisa memengaruhi bau tubuh. Untuk menghindari bau tidak sedap, hindari mengonsumsi makanan pedas, bawang putih, dan alkohol.

6. Berkonsultasi dengan Dokter

Cara Menghilangkan Bau Vagina (via Dinas Kesehatan Kab. Pohuwato)

Jika bau yang tidak sedap terus berlanjut atau disertai dengan gejala lain seperti gatal, nyeri, atau perubahan dalam keputihan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Menerapkan cara menghilangkan bau vagina yang tidak sedap bisa dilakukan dengan perawatan yang tepat dan menjaga kebersihan area intim secara teratur. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap perempuan memiliki kondisi tubuh yang berbeda, jadi hasil dan pengalaman perawatan juga bisa bervariasi.

Cara Menghilangkan Bau Vagina (via KlikDokter)