Asal Usul Nama Pulau Seram di Maluku Tengah yang Jarang Orang Tahu

Mungkin kamu sudah tahu Pulau Seram yang ada di Maluku, tetapi tidak semua orang tahu asal-usulnya. Lantas, bagaimana asal-usulnya?

Pernah nggak kamu mendengar tentang asal usul nama Pulau Seram di Maluku Tengah? Pulau ini sebenarnya merupakan salah satu Pulau di Indonesia yang dikenal sebagai daerah penghasil rempah terbaik di tanah air.

Tidak hanya rempah, ada juga hasil alam andalan lainnya yang bisa didapat dari Pulau Seram, yakni seperti cengkeh, madu, damar, gerabah, dan masih banyak lagi. Karena itu, dahulu pulau ini menjadi incaran para penjajah.

Untuk sejarah nama Pulau Seram sendiri memiliki dua versi yang berbeda. Namun yang jelas, asal usul nama ini tidak ada kaitannya dengan hal mistis yang mengerikan. Penasaran kan kenapa pulau penghasil rempah ini diberi nama Pulau Seram? Merangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Asal-Usul Pulau Seram (via Tripadvisor)

Nama Salah Seorang Penduduk Lokal

Pada versi yang pertama, nama Pulau Seram diambil dari nama seorang pria tua yang tinggal di Kamping Gesser yang terletak di ujung timur Pulau Seram. Pria ini dulunya sering melakukan barter dengan para pedagang dari luar pulau.

Namun, karena dahulu belum ada bahasa yang bisa membuat keduanya berkomunikasi dengan baik, maka pria tua tersebut memanggil pada pedagang dengan sebutan batih atau batik. Sementara, pada pedagang memanggil pria tua itu dengan sebutan Selan atau Siran.

Asal-Usul Pulau Seram (via TribunnewsWiki.com)

Seiring dengan berjalannya waktu, sebutan Selan atau Siran kemudian menyebar ke seluruh pulau. Hingga akhirnya, sebutan Selan atau Siran tadi berkembang menjadi kata Seram yang kemudian menjadi nama pulau tersebut.

Asal-Usul Pulau Seram (via TribunnewsWiki.com)

Adanya Bencana Dahsyat

Menurut versi lain menyebutkan, bahwa asal usul nama Pulau Seram masih berhubungan dengan bencana dahsyat yang pernah menimpa pulau ini. Dikisahkan oleh masyarakat setempat, konon bencana yang menimpa pulau ini disebabkan oleh hujan lebat yang turun terus menerus.

Hujan yang tidak kunjung berhenti tersebut mengakibatkan sungai-sungai besar meluap dan membuat air laut naik hingga menutupi seluruh daratan Pulau Seram. Bahkan air yang meluap tersebut naik hingga setinggi Gunung Kabau, Unaheli, Ala, Lumute, Reirenisiwa, Kakopi, Hoale, Musele Inai, dan Pegunungan Lube di Seram Timur. Air yang meluap tersebut kemudian membeku dan setelah mencair, daratan Pulau Seram mengalami kerusakan besar dan meninggalkan inti pulau yang dinamakan Pulau Seram.

Itulah tadi asal usul nama Pulau Seram di Maluku Tengah yang memiliki dua versi berbeda.  Karena kejadiannya sudah lampau sulit dibuktikan mana yang benar. Namun hal ini menjadi wawasan yang memperluas pengetahuan umum kita tentang Indonesia.

Asal-Usul Pulau Seram (via Traveling.co.id)