7 Kesalahan yang Bikin Penampilan Kamu Terlihat Lebih Tua

Ada beberapa kesalahan yang bisa membuat dirimu terlihat lebih tua dari yang seharusnya. Apa saja kah itu?

Jika banyak yang bilang penampilanmu terlihat lebih tua, hal itu tentu saja bukan hanya ditentukan oleh usia, tetapi juga oleh beberapa berpenampilan, seperti pakaian dan perawatan diri yang bisa membuatmu terlihat lebih tua dari usiamu sebenarnya.

Meskipun kita semua tumbuh lebih tua setiap tahunnya, ada beberapa faktor yang bisa membuat penampilan kamu terlihat lebih dewasa daripada seharusnya. Berikut adalah beberapa kesalahan berpakaian yang bisa membuat kamu terlihat lebih tua.

1. Pemilihan Warna yang Tidak Tepat

Warna pakaian yang salah dapat memberikan kesan usia yang lebih tua. Pemilihan warna yang terlalu gelap atau pucat bisa membuat wajah terlihat kusam atau pucat. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulitmu agar tampil lebih segar dan muda. Untuk hal ini, kamu perlu mempelajari tentang mencari warna yang tepat sesuai rona dan urat nadimu. Percayalah, warna yang tepat dapat memberikan kilauan segar pada penampilanmu.

2. Kurangnya Perawatan Kulit

Kesalahan Berpenampilan (via Dream.co.id)

Kulit yang kering, kusam, atau tidak terawat dapat membuat penampilanmu terlihat lebih tua. Kebiasaan mengabaikan perawatan kulit seperti penggunaan pelembap, tabir surya, dan pembersih wajah yang tepat dapat memengaruhi bagaimana kulitmu terlihat.

3. Gaya Rambut yang Tidak Sesuai

Kesalahan Berpenampilan (via Lifestyle Kompas)

Memilih gaya rambut yang tidak tepat bisa membuatmu terlihat lebih tua. Misalnya, gaya rambut yang terlalu pendek atau terlalu panjang tanpa perawatan yang tepat juga dapat menambah kesan usia.

4. Mengabaikan Postur Tubuh

Kesalahan Berpenampilan (via Cosmopolitan)

Postur tubuh yang buruk bisa membuatmu terlihat lebih tua dari usiamu. Duduk atau berdiri dengan postur yang tegak ternyata dapat memberikan kesan percaya diri dan juga membuatmu terlihat lebih muda.

5. Pemakaian Makeup yang Berlebihan

Kesalahan Berpenampilan (via Jurnal Borneo)

Terlalu banyak makeup atau penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga bisa membuatmu terlihat lebih tua. Lebih baik ketika menggunakan makeu, kamu memilih yang ringan dan menonjolkan fitur alami wajahmu.

6. Mengenakan Aksesori yang Kurang Tepat

Kesalahan Berpenampilan (via Grid.ID)

Aksesori dapat memberikan sentuhan yang menyegarkan pada penampilan. Namun, jika terlalu banyak atau dipilih secara tidak tepat, aksesori juga bisa membuatmu terlihat lebih tua. Sebaiknya gunakan aksesori yang sesuai dengan baju dan kulitmu, juga hindari penggunaan yang berlebihan.

7. Pola Makan yang Kurang Sehat

Kesalahan Berpenampilan (via Bababeli)

Pola makan yang tidak sehat ternyata bisa tercermin pada kondisi kulit dan tubuhmu. Konsumsilah makanan yang seimbang dan sehat, sehingga dapat mempertahankan kecerahan dan vitalitas kulitmu.

Melakukan perubahan kecil dalam gaya hidup dan perawatan pribadi bisa membuat perbedaan besar agar penampilanmu tidak terlihat lebih tua. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan berpenampilan ini, kamu bisa terlihat lebih segar dan awet muda tanpa perlu melakukan perubahan besar pada dirimu.

Kesalahan Berpenampilan (via Kompas.com)