Dikenal Kaya Rempah, Ini 3 Makanan Khas Maluku yang Wajib Kamu Coba

Ada berbagai kekayaan kuliner di Indonesia, termasuk daerah Maluku yang konon kaya akan rempah. Lantas, apa saja makanan khas Maluku tersebut?

Indonesia memang terkenal dengan beraneka macam kuliner yang selalu berhasil menggugah selera. Salah satunya adalah makanan khas Maluku yang disebut kaya akan rempah dan rasanya yang nikmat.

Sedikit informasi, Maluku merupakan provinsi yang berada di bagian timur Indonesia. Berhubung Maluku termasuk provinsi yang berbentuk kepulauan, maka tidak heran kalau makanan khas Maluku sebagian besar terbuat dari hasil laut. Lantas, apa saja makanan khas Maluku yang kaya akan rempah dan wajib kamu coba? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Gohu Ikan

Makanan khas Maluku yang pertama adalah Gohu ikan. Makanan ini terbuat dari ikan tuna atau ikan cakalang yang dipotong dadu dan disajikan dalam keadaan mentah.

Agar tidak amis, ikan yang sudah dipotong ajan dilumuri dengan garam dan jeruk. Tidak lupa taburan tumisan bawang dan cabai rawit yang menambah nikmat makanan ini. Gohu ikan biasa disantap dengan papeda, pisang, atau singkong rebus.

Makanan Khas Maluku (via Tribunnews.com)

2. Ikan Kuah Pala Banda

Selanjutnya ada Ikan Kuah Pala Banda yang juga termasuk makanan khas Maluku yang kaya rempah. Tidak seperti Gohu Ikan yang disajikan dalam kondisi mentah, ikan kuah pala banda terbuat dari ikan kakap yang diolah dengan campuran berbagai macam rempah, seperti pala, kunyit, dan bumbu rempah lainnya, sehingga menghasilkan cita rasa yang sedap. Makanan bercita rasa pedas yang satu ini paling pas jika disantap dengan nasi hangat atau papeda.

Makanan Khas Maluku (via IDN Times Sulsel)

3. Sambal Colo-Colo

Terakhir ada sambal colo-colo yang berbeda dengan sambal lainnya. Jika sambal pada umumnya diolah dengan cara diulek, tetapi sambal colo-colo dibuat dengan diiris dan disajikan mentah. Sambal yang satu ini cocok banget jika disajikan bersama hidangan laut khas Maluku lainnya.

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Maluku yang kaya rempah dan wajib banget kamu coba. Dijamin kamu pasti suka dan ketagihan deh!

Makanan Khas Maluku (via Sajian Sedap)