10 Film Korea Terbaik yang Tayang Tahun 2023, Wajib Tonton Sebelum Tahun Baru!

10 Film Korea Terbaik yang Tayang Tahun 2023, Wajib Tonton Sebelum Tahun Baru!

Dalam satu dekade terakhir, sinema Korea mengalami momen terobosan di berbagai negara. Tahun 2023 menjadi tahun yang luar biasa bagi para penggemar K-content karena Netflix menyumbangkan beberapa film Korea terbesarnya, termasuk beberapa film aksi yang telah lama ditunggu-tunggu dan film dokumenter panjang tentang awal karier Bong Joon- ho. 

Sementara itu, film terkenal seperti "Return to Seoul" dan "Past Lives" mengeksplorasi kehidupan wanita Korea dari seluruh dunia.

Berikut 10 film Korea terbaik di tahun 2023:

1. "Unlocked"

FIlm yang didaptasi film thriller Jepang "Stolen Identity" ini adalah mimpi terburuk bagi wanita yang terobsesi dengan teknologi. Suatu hari dalam perjalanan pulang kerja, Na-mi (Chun Woo-hee dari Be Melodramatic) kehilangan ponsel cerdasnya dan dikembalikan oleh Jun-yeong (Yim Si-wan dari Run On), setelah dia menginstal spyware. Orang asing itu mulai melacak kehidupan sehari-harinya dan akhirnya mendekatinya sambil menyembunyikan identitasnya. Sekitar waktu yang sama ketika kehidupan sehari-hari Na-mi menjadi tidak terkendali, ayah Jun-yeong, detektif polisi Ji-man (Kim Hee-won), menemukan jejak putranya di TKP.

2. "Kill Bok-soon"

"Kill Bok-Soon" diperankan oleh bintang "Crash Course in Romance" Jeon Do-yeon, wanita tersebut adalah ibu dari seorang putri remaja dan seorang pembunuh profesional legendaris dengan tingkat keberhasilan 100 persen. 

Terjebak di antara "misi membunuh seseorang dan misi membesarkan seorang anak", Boksoon dilemparkan ke dalam konfrontasi membunuh-atau-dibunuh setelah dia menolak menyelesaikan tugas. 

3. "The Point Men"

Film "Unlocked" (tribunnews.com)

Hyun Bin (Crash Landing on You) memimpin pemeran film aksi ini, yang juga mencakup Hwang Jung-min (Narco-Saints) dan Kang Ki-young (Pengacara Luar Biasa Woo). Berdasarkan peristiwa nyata yang terjadi pada tahun 2007, film ini mengikuti upaya penyelamatan sekelompok turis Korea yang disandera oleh kelompok teroris di Afghanistan. Ketika negosiator diaktifkan Jae-ho (Hwang) berjuang untuk menangani situasi secara diplomatis, dia harus bekerja sama dengan agen khusus Dae-sik (Hyun) dan bekerja melawan waktu untuk menyelamatkan para sandera.

4.  "The Devil's Deal"

Film thriller politik intens yang berlatar di Busan pada tahun 1992 ini mengikuti konfrontasi dan kolaborasi antara politisi dan gangster. Kandidat anggota dewan Hae-woong (Cho Jin-woong) berpikir bahwa dia dijamin akan memenangkan pemilu mendatang, ketika partainya, yang dipengaruhi oleh pengusaha Soon-tae (Lee Sung-min), memutuskan untuk mendukung kandidat lain. Hae-woog yang dipermalukan tetap ikut dalam pencalonan sebagai calon independen, meminta bantuan pemimpin geng rentenir (Kim Moo-yul Pil-do (Kim Moo-yeol). Saat pemilu berlangsung, kedua belah pihak beralih ke cara ilegal dan kekerasan. untuk memastikan kemenangan mereka.

5. "Return to Seoul"

Film ini bercerita tentang Freddie (Ji-min Park), seorang wanita berusia 25 tahun yang kembali ke Korea Selatan, negara kelahirannya, untuk pertama kalinya sejak dia diadopsi dan dibesarkan di Prancis. Apa yang dimulai sebagai perjalanan impulsif untuk mengunjungi teman-teman menjadi sebuah perjalanan tak terduga untuk mencari orang tua kandungnya di negara yang hanya sedikit dia ketahui.

6. "Soulmate"

Mi-so (Kim Da-mi) yang ramah dan Ha-eun yang introvert (Jeon So-nee) sudah menjadi teman ketika mereka bertemu pada usia 13 tahun di Pulau Jeju. Film cantik ini, diadaptasi dari film Tiongkok dengan judul yang sama, mengikuti pertemuan dan perpisahan pasangan ini selama 14 tahun berikutnya, persahabatan dan cinta, kerinduan dan kecemburuan. Byeon Woo-seok juga berperan sebagai teman sekelas remaja mereka Jin-woo.

7. "Past Lives"

Film yang merupakan debut penulis drama Korea-Kanada Celine Song ini telah mendapatkan ulasan luar biasa sejak sepak terjangnya di Sundance Film Festival. Bercerita tentang dua teman masa kecil, Nora dan Hae Sung yang telah lama hilang, lalu bertemu kembali ketika dewasa. Ketika Nora (Greta Lee) bertemu kembali dengan Hae Sung (Teo Yoo dari Love to Hate You) bertahun-tahun setelah emigrasi keluarganya dari Korea Selatan memisahkan mereka. Saat Nora yang sudah menikah dan Hae Sung yang sedang berkunjung berkeliaran di jalanan Kota New York, mereka bertanya-tanya seperti apa kehidupan mereka jika mereka memilih satu sama lain.

8. "Ballerina" 

Bintang Money Heist Korea Jeon Jong-seo dan Kim Ji-hoon bersatu kembali dalam film thriller aksi berbasis balas dendam ini. Ok-ju (Jeon) adalah mantan pengawal yang berteman dengan balerina Min-hee (Park Yurim "Drive My Car"). Saat Min-hee meminta bantuan, Ok-ju berusaha membalas dendam pada Choi (Kim) yang misterius atas nama temannya.

9. "Love Reset"

Film "The Point Men" (themoviedb.org)

Drama komedi romantis ini dibintangi oleh Kang Ha-neul dan Jung So-min sebagai pasangan muda yang tinggal 30 hari lagi dari perceraian mereka dan tidak sabar untuk berpisah satu sama lain. Saat itulah mereka mengalami kecelakaan mobil yang menghancurkan dan kehilangan ingatan mereka. Ketika pasangan amnesia itu kembali jatuh cinta, keluarga mereka mencoba membangkitkan kenangan mereka dan mengembalikan perpisahan mereka ke jalur yang benar.

10. "Phantom"

Park So-dam dari Parasite dan Park Hae-soo dari Squid Game membintangi film thriller mata-mata bersejarah berdasarkan novel Mai Jia tahun 2007, Feng Shung. Selama penjajahan Jepang di Korea, sekelompok lima tersangka dicurigai sebagai "hantu" yang sulit ditangkap, mata-mata perlawanan anti-Jepang. Saat mereka terjebak di dalam hotel terpencil untuk diinterogasi, kelimanya harus menggunakan akal mereka untuk melarikan diri sambil saling mencurigai.

Film "Love Reset" (kepahiang.progres.id)