4 Buah Unik yang Ada di Indonesia, Sudah Pernah Coba Belum?

Indonesia terkenal dengan beragam budaya dan kulinernya, termasuk buah-buahan. Buah-buahan unik apa saja ya yang ada di Indonesia?

Semua pasti tahu kalau Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, salah satunya buah unik khas Indonesia. Buah-buah unik ini disebut langka, karena tidak bisa dengan mudah kamu jumpai dari pasaran. Lantas, buah unik apa sajakah yang dimaksud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Matoa

Pernah mendengar buah bernama matoa? Buah ini sebenarnya berasal dari Papua, tetapi bisa juga kamu temukan di Indonesia bagian timur, seperti Maluku.

Jika dilihat dari teksturnya, kulitnya memang cukup keras. Namun jangan salah, bagian dalam buah matoa sangat segar dan manis, mirip seperti kelengkeng. Biasanya buah matoa dicampurkan ke dalam rujak buah yang disiram dengan bumbu kacang. Pasti sedap banget nih.

2. Kuansu

Buah Unik Khas Indonesia (via FKM UNAIR)

Selain matoa, ada juga buah yang berasal dari Papua, yakni kuansu (buah merah). Buah yang berasal dari pegunungan Papua ini memiliki bentuk yang cukup unik, yakni lonjong dengan kuncup yang tertutup daun. Selain unik, matoa ternyata memiliki khasiat yang sangat hebat lho. Buah ini bisa menurunkan risiko kanker karena kandungan tokoferol dan berakaroten di dalamnya.

3. Durian Gundul

Buah Unik Khas Indonesia (via Suara.com)

Kalau biasanya durian memiliki duri yang tajam pada kulitnya, tetapi buah yang satu ini berbeda, namanya durian gundul. Buah yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini termasuk buah yang langka. Karena pohonnya baru berbuah setelah 12 tahun lamanya.

4. Lobi-Lobi

Buah Unik Khas Indonesia (via Travel Kompas)

Terakhir ada buah lobi-lobi yang juga termasuk buah yang unik. Buah ini memiliki rasa yang cenderung asam, sehingga cocok banget kalau dijadikan rujak, manisan, atau asinan. Pernah coba belum?

Itu tadi adalah beberapa buah unik khas Indonesia yang harus kita jaga. Bagaimana? Pernah cobain buah unik yang mana nih?

Buah Unik Khas Indonesia (via Mediatani.co)