5 Variasi Bumbu Marinasi Ayam Hemat buat Anak Kos

Ada beberapa variasi bumbu yang bisa kamu coba ketika memarinasi ayam ala anak kos. Apa saja itu?

Bumbu marinasi ayam hemat merupakan kunci rahasia bagi anak kos untuk menghadirkan hidangan lezat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Kamu bisa menciptakan variasi resep yang tak hanya menghemat biaya, tetapi juga memastikan rasa yang menggugah selera. Berikut beberapa bumbu marinasi ayam yang simpel dan nikmat untuk dicoba di dapur kosmu.

1. Bumbu Kecap Manis Pedas

Bumbu marinasi ayam hemat yang pertama adalah ayam bumbu kecap. Cukup campur kecap manis dengan sedikit minyak sayur, tambahkan potongan cabe rawit dan sedikit gula untuk rasa pedas-manis yang menggoda. Mudah sekaligus minim bahan, kan?

2. Marinasi BBQ

Bumbu Marinasi Ayam Hemat (via Kompas.com)

Cara marinasi berikutnya adalah dengan membaluri ayam dengan potongan halus bawang putih, lada hitam, kaldu jamur, kecap inggris, saus tomat, gula dan juga garam. Untuk menambah nikmat rasa, tambahkan juga madu ke dalam marinasi ayam BBQ.

3. Marinasi Sederhana dengan Jeruk Nipis

Bumbu Marinasi Ayam Hemat (via cookpad.com)

Jika ingin ayam yang empuk dan segar, kamu bisa mencoba resep marinasi ini, peras jeruk nipis ke dalam campuran garam, lada hitam, dan sedikit minyak zaitun. Setelah rata, balurkan ke seluruh permukaan ayam. Bumbu ini memberikan cita rasa segar pada ayam.

4. Marinasi Mayonaise

Bumbu Marinasi Ayam Hemat (via IDN Times)

Jika ingin merasakan gurih asinnya mayonaise dalam potongan ayam hidanganmu, kamu bisa menggunakan perpaduan bawang putih cincang, lada hitam, kaldu jamur, minyak wijen, dan garam. Hal paling penting, ialah jangan lupa tambahkan mayonaise dan air lemon yang akan memberi sensasi rasa yang segar.

5. Marinasi Lemon Bawang Putih

Bumbu Marinasi Ayam Hemat (via Parapuan)

Cincang bawang putih lalu campurkan dengan lada hitam, garam, kaldu jamur, dan air lemon. Sebagai tambahan rasa, taburkan daun thyme kering dan ratakan pada seluruh permukaan ayam.

Dengan variasi bumbu marinasi ayam hemat ini, hidangan yang lezat dan beragam tetap bisa dinikmati tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Rasakan cita rasa yang istimewa dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, tetapi memberikan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!

Bumbu Marinasi Ayam Hemat (via Kompas.com)