KALEIDOSKOP 2023: 7 Comeback Epic Musisi Indonesia, Ada Yang Sempat Vakum 12 Tahun

7 Comeback epic musisi Indonesia diantaranya Shanty hingga Vidi Aldiano.

Dunia musik Tanah Air kini semakin bersinar dengan karya-karya musik dari para musisinya. Baik grup band maupun musisi solo, semakin hari semakin meningkatkan pula kreativitas dan kemampuan mereka di bidang musik yang bervariasi.

Menariknya di tengah gempuran musisi-musisi baru, banyak musisi yang sudah lama vakum memutuskan untuk aktif kembali dengan rilisan lagu baru yang sekaligus mengajak penggemarnya bernostalgia. Berikut ini 7 comeback epic musisi Indonesia!

1. Shanty

Setelah 12 tahun, Shanty comeback dengan single berjudul Kupu Menanti. Lagu yang dirilis pada 26 Mei 2023 ini pun menjadi momentum kembalinya Shanty ke ke belantika musik Indonesia. Kupu Menanti merupakan ciptaan dari Rieka Roslan, sosok yang juga menciptakan lagunya 'Oh Kasih' pada 23 tahun silam.

2. Cokelat

Shanty (Instagram)

Setelah keluarnya sang vokalis, Kikan, nama Band Cokelat perlahan mulai menghilang dari dunia musik. Namun setelah 12 tahun meninggalkan band, Kikan dan Erwin memutuskan bergabung lagi dan Cokelat pun kembali ke formasi awal. Kikan membuat penonton terkejut saat muncul bersama band Cokelat di Festival musik The Sounds Project pada 13 Agustus 2023.

3. Garasi

Band Cokelat (TIMES Indonesia)

Menyusul Cokelat, Band Garasi juga comeback ke formasi awal tapi dengan tambahan seorang personel setelah sekian lama terpisah jalan masing-masing. Di awal Januari 2023, band beraliran  electronic rock yang terbentuk pada akhir 2005 ini merilis performance video.

4. Tiket

Band Garasi (Tabloid Bintang)

Usai lama tidak terdengar kabarnya, Band Tiket kembali hadir ke industri musik Indonesia dengan lagu bertajuk Biarkan Cinta Menyatukan Kita. Momen comeback ini juga terjadi setelah mantan anggotanya yakni Brian Kresna Putro kembali ke band Tiket. Di mana sebbelumnya, Brian sempat menjadi drummer Sheila On 7.

5. Jamrud

Band Tiket (detikcom)

Band rock legendaris asal Jawa Barat ini akhirnya comeback ke dunia musik. Setelah cukup lama vakum dan bergonta personel, akhirnya Jamrud kembali aktif berkarya. Dikabarkan bahwa setelah konser perayaan 25 tahun bermusik akhir tahun 2021 lalu, mereka mengumumkan berhasil merilis single bertajuk perspektif.

6. G.A.C

Band Jamrud (Tirto.ID)

Grup musik GAC yang beranggotakan Gamaliel, Audrey dan Cantika akhirnya comeback dengan merilis lagu berjudul Baru. Lagu ini juga menampilkan warna khas baru yang beda dari lagu-lagu G.A.C sebelumnya. Tak hanya menampilkan ciri khas dalam elemen musiknya, GAC juga menyuguhkan dance yang energik dengan musik yang riang dan instrumen yang bervariasi.

7. Vidi Aldiano

G.A.C (Instagram)

Sebenarnya sudah belasan tahun Vidi Aldiano menjajaki karier di industri musik Tanah Air. Hingga kini, pemilik nama asli Oxavia Aldiano itu masih terus berada di bidang tarik suara. Sampai akhirnya di awal Oktober 2023, suami Sheila Dara itu comeback ke dunia musik dengan merilis lagu 'w u at?'. Selain merilis lagu, penyanyi 33 tahun itu juga melakukan rebranding nama menjadi VIDI.

Vidi Aldiano (Instagram)