Inilah Cara Membersihkan Tas Kulit, Nggak Ada Lagi Tas Jamuran

Penting bagi kamu untuk membersihkan tas kulit secara rutin agar terhindar dari jamur dan tetap bersih. Bagaimana ya caranya?

Punya tas kulit memang sering kali problematik. Di balik keindahannya yang klasik dan berkelas, ada keribetan yang harus ditanggung oleh pemiliknya, misalnya saat muncul jamur yang mengganggu tampilan.

Membersihkan tas yang berjamur bisa menjadi pekerjaan rumah yang tidak menyenangkan. Apalagi jika tidak tahu teknik yang tepat, bisa jadi usaha yang kamu lakukan malah merusak tas kesayangan yang kamu miliki. Namun jangan khawatir, kamu bisa mencoba beberapa cara membersihkan tas kulit, agar tas kulit favoritmu kembali bersih dan bebas dari jamur. Berikut langkah-langkahnya. Catat dan praktikan ya!

1. Pisahkan Barang-Barang dari Tas

Jamur pada tas bisa terjadi karena penumpukan kelembapan atau disimpan dalam kondisi yang kurang tepat dan terawat. Maka dari itu, jika ternyata kamu menyimpan tas dan sudah berjamur di tempat penyimpanan, segera pisahkan tas dari barang-barang lainnya agar tidak merembet pada tas lainnya.

Lalu cek lagi, apakah masih ada barang yang tertinggal di dalam tas. Jika ternyata di dalam tasmu masih ada beberapa barang, segera keluarkan agar kamu bisa segera membersihkannya. Kalau tidak dikeluarkan, bisa-bisa pembersihan menjadi tidak maksimal.

2. Sikat dan Lap dengan Cairan Pembersih

Cara Membersihkan Tas Kulit (via IDN Times)

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan sikat yang lembut untuk menghilangkan jamur secara perlahan dari permukaan tas. Pastikan untuk melakukannya di luar ruangan agar spora jamur tidak menyebar dan menyerang benda-benda lain di sekitarnya.

Setelahnya, gunakan kain bersih yang telah direndam dalam campuran pembersih dengan air hangat untuk membersihkan permukaan tas. Jika kondisi jamur terlalu parah, satu kali pembersihan mungkin tidak maksimak, sehingga kamu perlu mengulangi proses ini beberapa kali jika perlu.

3. Gunakan Perasan Lemon

Cara Membersihkan Tas Kulit (via Kompasiana.com)

Jika kamu ingin membersihkan tas yang berjamur menggunakan cairan pembersih yang alami, kamu bisa menggunakan air lemon. Cobalah sikat bagian tas yang berjamur menggunakan perasan air lemon. Gunakan sikat berbulu lembut atau kain microfiber dan sikat secara perlahan.

4. Soda Kue

Cara Membersihkan Tas Kulit (via Shoes and Care)

Selain perasan air lemon, kamu juga bisa menggunakan soda kue. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jemur tas yang berjamur di luar ruangan selama 24 jam terlebih dahulu. Kemudian taburkan soda kue di atas permukaan tas kulit yang berjamur lalu diamkan lagi semalaman. Setelah itu barulah tas bisa dibersihkan dengan digosok secara perlahan menggunakan kain microfiber. 

5. Cuka Putih

Cara Membersihkan Tas Kulit (via BP Guide)

Cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di permukaan tas lho. Caranya dengan mencampurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan 10:1. Setelah itu celupkan lap bersih pada campuran itu hingga basah. Kemudian gunakan sarung tangan lateks dan usap perlahan lap pada bagian tas yang terkena jamur sampai benar-benar menghilang.

6. Keringkan dengan Sempurna

Cara Membersihkan Tas Kulit (via iStyle.id)

Setelah melakukan langkah di atas, jemur tas dan pastikan tas benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali. Angin-anginkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau gunakan pengering rambut dengan suhu rendah untuk membantu proses pengeringan. Lalu pastikan untuk menyimpan tas di tempat yang kering dan terlindungi dari kelembaban. Gunakan silica gel atau benda penyerap kelembaban lainnya di dalam tas jika perlu.

Dengan mengikut cara membersihkan tas kulit tersebut, tasmu dapat lebih terawat dan terjaga kualitasnya, tanpa khawatir jamuran. Jangan lupa, cek berkala tas yang kamu simpan untuk menghindari kerusakan atau jamur. Pastikan juga suhu penyimpanan sudah tepat, sehingga tas favoritmu tetap dalam kondisi terbaiknya.

Cara Membersihkan Tas Kulit (via Perempuan Platinum)