Efektif Turunkan Berat Badan, Berikut Jumlah Kalori yang Dibakar Hanya dengan Berjalan Kaki

Efektif Turunkan Berat Badan, Berikut Jumlah Kalori yang Dibakar Hanya dengan Berjalan Kaki

Ungkapan jika seseorang harus berkeringat dan kesakitan saat berolahraga untuk dapat tubuh ideal itu adalah mitos belaka. Faktanya, para ahli mengatakan kalori yang terbakar dengan berjalan kaki adalah salah satu langkah paling berkelanjutan dan efisien yang dilakukan untuk mencapai tujuan kebugaran dan penurunan berat badan. 

Selain itu, berjalan kaki sangat mudah dilakukan karena berdampak kecil pada persendianmu, dan kamu dapat melakukannya di mana saja mulai dari berjalan-jalan di lingkungan sekitar hingga berjalan di atas treadmill sambil menonton acara kesukaanmu atau film.

Jalan kaki di atas treadmill (halodoc.com)

# Mengapa Jalan Kaki Jadi Cara yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan?

Berjalan kaki meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kebutuhan energi tubuhmu. Dengan kata lain, ini membantumu membakar kalori. Apa pun yang menggerakkan tubuhmu akan membakar kalori. Kita mengambil energi melalui makanan dan kemudian membakarnya secara pasif melalui fungsi tubuh (bernafas atau mencerna makanan) dan dengan bergerak secara aktif (berjalan atau berolahraga).

Selain meningkatkan metabolisme, jalan kaki menurunkan hormon stres seperti kortisol yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kortisol tingkat tinggi dapat menyebabkan lemak perut. Jalan kaki tidak hanya membakar kalori, tetapi juga membantu mengurangi stres, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Jalan kaki tanpa alas kaki (prosehat.com)

# Berapa Banyak Kalori yang Dibakar dengan Berjalan Kaki?

Jumlah kalori yang kamu bakar ditentukan oleh usia, tinggi badan, berat badan, serta intensitas, durasi, dan kecepatan latihan jalan kakimu. Semakin berat badanmu, semakin banyak kalori yang kamu bakar.

Rata-rata, orang dengan berat 68kg akan membakar sekitar 100 kalori per 1,6km dengan kecepatan sedang (4km per jam), dan orang dengan berat 54 kg membakar rata-rata sekitar 85 kalori per 1,6km dengan kecepatan yang sama. 

Jika ingin cepat, kamu bisa membakar lebih banyak kalori. Orang dengan berat badan 68kg yang berjalan dengan kecepatan 4,8km per jam akan membakar rata-rata 115 kalori per 1,6km, sedangkan orang dengan berat 54kg dapat membakar rata-rata 100 kalori per 1,6km.

Kamu juga dapat bermain-main dengan beberapa peralatan atau medan tambahan untuk meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar selama berjalan.

Gimana, tertarik untuk rutin jalan kaki?

Manfaat jalan kaki (infografis.sindonews.com)