Nggak Perlu Gugup, Ini 4 Cara Menguasai Public Speaking dari Nol

Berbicara di depan umum bagi beberapa orang memang mendebarkan, tetapi bukan berarti bisa dilatih dan kuasai. Bagaimana caranya?

Merasa gugup ketika berbicara di depan umum adalah hal wajar. Hal tersebut biasanya terjadi karena kamu belum terbiasa melakukannya. Namun, kalau kamu tahu cara menguasai public speaking yang baik, dijamin nggak akan merasa gugup lagi meski baru pertama kali.

Kalau kamu menerapkan beberapa cara ini kamu bisa terbantu untuk melatih public speaking dari nol dan kamu nggak gugup lagi deh. Apa saja caranya? Simak dan praktikan ya!

1. Melatih Percaya Diri

Agar yakin dan berani berbicara di depan umum, kamu harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Caranya dengan berlatih setidaknya 30 menit setiap hari. Hal ini diyakini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu kamu menguasai materi pembahasan.

Pastikan kamu menguasai materi yang akan disampaikan dengan baik. Dengan menguasai topik secara baik juga bisa membuat kamu jadi lebih percaya diri saat berbicara di depan umum.

2. Lakukan Kontak Mata

Cara Menguasai Public Speaking (via Beautynesia)

Selain melatih rasa percaya diri, kamu juga perlu melakukan kontak mata saat berbicara di depan umum. Cara ini akan membuat kamu seakan-akan lebih dekat dengan audiens. Tidak hanya itu, kontak mata juga bisa membuat audiens yakin pada isi pembahasan yang disampaikan.

Jika kamu merasa belum mampu melakukan kontak mata dengan audiens, kamu bisa mengalihkannya pada dahi atau hidung. Namun ingat, jangan terpaku pada satu titik saja. Pandanganmu juga harus menyebar ke seluruh ruangan dan audiens lain.

3. Perhatikan Intonasi Suara

Cara Menguasai Public Speaking (via Suara.com)

Tidak berbeda jauh dengan kontak mata, intonasi suara juga dapat menarik perhatian audiens. Melalui pengaturan intonasi yang baik, kamu bisa menunjukkan emosi dan perasaan pada audiens. Dengan begitu, tanpa disadari audiens seakan ikut merasakan apa yang kamu rasakan.

4. Bicara Perlahan

Cara Menguasai Public Speaking (via Presenter Map)

Terkadang rasa gugup membuat kamu kesulitan bicara, sehingga tanpa sadar bicara terlalu cepat. Hal ini harus dihindari karena informasi yang kamu sampaikan bisa sulit dipahami oleh audiens.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu lakukan tekhnik relaksasi dahulu sebelum bicara. Tarik napas dalam selama beberapa saat, pikirkan hal yang menyenangkan, lalu lepaskan napas perlahan. Ketika kamu lebih relaks, maka kamu bisa mengontrol kecepatan bicara dan juga tidak kehilangan bahan pembahasan.

Itu tadi adalah beberapa cara menguasai public speaking dari nol yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa berlatih, praktikan, dan berdoa terlebih dahulu agar lebih tenang ya.

Cara Menguasai Public Speaking (via Pija Mahir)