Cara Menunda Haid, Anak Muda Bingits!

Cara menunda haid yang aman dan oke punya? Kira-kira begini caranya ....

Bicara soal haid atau siklus mentruasi emang sudah wajar diperbincangkan kaum hawa. Namun ketika dalam keadaan itu, rasanya gak nyaman deh kalau kita dalam kondisi liburan kemana gitu? Iya gak ladies?

Dengan haid seakan-akan bikin aktivitas kamu terbatas dan gak nyaman banget mau kemana dan ngapain. Tapi jangan khawatir gengs, sebenarnya ada cara menunda haid lho. Pastinya kamu bebas menikmati liburan kemanapun dan kapanpun, apalagi pas tahun baru, sayang kalau ga dimaksimalkan.

Begini cara-cara menunda haid agar menolongmu:

1. Konsumsi makanan khusus

cara menunda haid yang pertama adalah dengan mengonsumsi beberapa bahan makanan yang dapat menunda proses haid gengs. Apa aja sih? nih beberapa bahan beserta penjelasanya:

-Air jeruk lemon, dimana lemon yang mengandung asam sitrat adalah salah satu cara yang efektif.

-Agar - agar, dalam bentuk jelly atau bubuk yang dimasak.

-Cuka apel, yaitu dengan mencampur air mineral dengan 3 sendok cuka apel. Kamu dapat meminumnya 2 kali sehari.

-Kacang lentil, yaitu kacang Mesir yang dapat kamu goreng atau dijadikan sup. Makanlah setiap pagi dalam keadaan perut kosong minimal 1 minggu sebelum siklus haid datang.

-Gelantin, yang dapat kamu campur dengan secangkir air hangat. Oke banget kayaknya ~

Tapi perlu kamu catat nih! Semua bahan makanan khusus di atas harus kamu konsumsi sebelum terjadinya siklus haid ya. Kalau dimakan pas sudah datang bulan ya ga ada efeknya deh, hihihi.

Konsumsi makanan khusus(timesnownews.com)

2. Tidak mengonsumsi rempah secara berlebihan

Cara menunda haid yang kedua adalah dengan tidak mengonsumsi rempah-rempah secara berlebihan, atau mengurangi. Rempah emang berfungsi untuk memperenak makanan dan meningkatkan selera pastinya.

Kalau kamu pengen menunda haid ya kamu harus bersabar untuk menghindari atau mengurangi mengonsumsi makanan dengan aneka rempah-rempah. Pastinya jajanan di luar sana juga menggunakan bumbu rempah-rempah. Nah! Cara menyiasatinya ya kamu harus memasak sendiri gengs biar memperlambat siklus haid kamu ....

Kurangi mengkonsumsi rempah (wol.jw.org)

3. Olahraga dengan Intensitas Tinggi

Umumnya olahraga sangat baik buat menunjang pertumbuhan dan kesehatan manusia. Olahraga juga bisa sebagai cara menunda haid. Faktanya ada beberapa olahraga yang bila dilakukan secara berlebih maka akan menjadi cara alami untuk menunda haid.

Emang sih, diperlukan olahraga yang ekstrim, kayak joging, naik gunung, senam, berenang dengan gerakan berlebih atau beladiri. Dengan kelelahan maka akan mempengaruhi hormon dalam tubuhmu bekerja tidak maksimal, jadinya bisa ketunda deh siklus mens kamu, tapi jangan sering-sering juga dilakukan, bahaya kalau keseringan.

Olahraga dengan Intensitas Tinggi (visitmontrose.com)

4. Begadang

Gak tidur atau biasa disebut dengan begadang ternyata termasuk kedalam salahsatu cara menunda haid lho. Dengan padat aktivitas akan membuat lembur dan kurang istirahat sehingga jam istirahatkamu tidak tercukupi.

Apabila waktu istirahat kita tak tercukupi  maka akan mebuat organ pada tubuh kita akan terpacu lebih keras tanpa henti sehingga dapat memperlambat siklus menstruasi. Tapi jangan sering ya, bahaya!

Begadang (1Health.ID)

5. Penggunaan Obat Tertentu

Sebenarnya cara menunda haid itu juga bisa dengan menggunakan obat-obatan. Biasanya obat yang memiliki kandungan estrogen dan progestin itu bisa mengatur siklus haid kamu.

Kedua komponen obat tersebut biasa dimanfaatkan dalam keadaan umrah atau haji, gak mungkin juga kan kalau kita kesana pas dalam keadaan haid.

Penggunaan obat ini tentunya akan menekan gonadoptropin yang dapat menekan ovarium. Hal ini akan menyebabkan endometrium tidak akan menebal dan dipertahankan tetap stabil. Jadinya tidak akan terjadi haid selama 3 hari, tapi ya harus dalam pengawasan dokter yach ....

Jadi begitulah beberapa cara menunda haid yang ampuh, kalau kamu emang akan ada perjalanan liburan, kamu bisa lakuin beberapa cara di atas ya, tapi ya dalam batasan wajar. Selamat mencoba ....

Penggunaan Obat Tertentu (hellosehat.com)